Kamis 10 Apr 2014 14:50 WIB

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Rep: cr 02/ Red: Hazliansyah
Mendaki Gunung
Foto: Republika/CR02
Mendaki Gunung

REPUBLIKA.CO.ID, -- Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat berisiko. Para pendaki sering kali lalai dalam mengingat standar operasional yang wajib dilakukan jika mereka ingin memulai sesuatu pendakian. 

Kelalaian itu kemudian berakibat fatal. Inti dari semua itu adalah bagaimana kita memanajemen semua hal dari yang terkecil hingga yang terpenting. Berikut ini adalah tips mendaki gunung yang baik bagi para pemula.

1. Mencari Informasi

Sebelum memulai pendakian, kita harus mencari informasi terlebih dahulu tentang Gunung yang akan kita daki. Mulai dari keadaan geografis, ketinggian serta vegetasi yang terdapat di gunung tersebut. 

Namun tak hanya itu saja, kita juga harus mengetahui letak rumah sakit yang berada di sekitar wilayah kaki gunung tersebut. Lalu selanjutnya mencari tahu apakah harus mengurus perizinan atau tidak, jika memang dibutuhkan usahakan agar mengikuti aturan agar semua lebih jelas.

2. Olahraga Sebelum Melakukan Pendakian

Sangat penting untuk melakukan olahraga sebelum kita melakukan pendakian, agar kondisi badan tetap fit saat mendaki. Kita dapat melakukan renang dan juga lari agar dapat melakukan pengaturan nafas dengan baik serta mengetahui seberapa kuat fisik kita nanti.

3. Mempelajari Ilmu Dasar Pendakian Gunung 

Disinilah letak kelalaian para pendaki pemula. Banyak yang menghiraukan hal yang satu ini. Setidaknya kita harus mengetahui ilmu dasar dalam pendakian gunung seperti survival, nagivasi dan cara memberikan pertlongan pertama. 

Kalau menengok ke belakang kita dapat melihat banyak teman-teman pendaki kita yang meninggal dan menghilang di saat melakukan pendakian. Maka dari itu ilmu dasar tersebut sangatlah penting.

4. Memilih Peralatan 

Aman dan nyaman itulah yang kita inginkan. Memilih peralatan pendakian juga hal yang harus diperhatikan. Kondisi yang sangat dingin serta tubuh yang mulai kelelahan merupakan alasan kita harus lebih jeli dalam memilih peralatan. 

Intinya bahwa kita harus teliti dalam memilihnya agar cocok dengan kebutuhan yang kita perlukan dan agar sesuai dengan postur badan kita.

5. Obat-obatan 

Perlengkapan medis perlu kita perhatikan mengingat kegiatan yang akan kita lakukan sangat berisiko. Bawalah perlengkapan medis seperti obat sakit kepala, obat diare, obat merah, perban, oksigen serta obat lainnya yang bersinggungan dengan penyakit gunung, dan juga jangan lupa membawa obat pribadi jika memiliki penyakit tertentu.

Terakhir ingatlah risiko yang akan kita hadapi nantinya dan bagaimana cara menyelesaikannya. Selamat menjelajah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement