Senin 24 Mar 2014 13:55 WIB

Menambahkan Kiwi Dalam Hidangan Sehari-hari

Kiwi
Foto: Indira Rezkisari/Republika
Kiwi

REPUBLIKA.CO.ID, Buah kiwi mengandung kadar vitamin C paling tinggi. Jumlahnya hampir dua kali dari lipat jeruk.

Dalam 100 gram kiwi hijau terkandung 93 miligram (mg) vitamin C. Sementara kebutuhan asupan vitamin C, dilihat dari standar Amerika, untuk pria adalah 90 mg per hari. Sedang perempuan 75 mg per hari.

Kadar magnesiumnya juga paling tinggi.

Kiwi juga bisa diolah sebagai berbagai hidangan.

Untuk menjaga kandungan gizinya pembawa acara masak di televisi, Bara Pattiradjawane, berujar kiwi paling baik dinikmati segar. ''Buat smoothies,'' kata dia.

Bara meramu potongan kiwi hijau dan emas, honeydew, pisang Ambon, tiga lembar daun mint, sedikit santan (boleh diganti susu), air, satu cawan yogurt tawar, jus apel, dan gula. Masukkan seluruh bahan, kecuali jus apel, dalam food processor atau blender.

Setelah tuntas dalam prosesor, baru tuang jus apel dan tambahkan gula jika suka. ''Langsung minum, sebelum ia kehilangan gizinya akibat terpapar oksigen.''

Atau tata buah ini di atas puding yang sudah dingin dan keras. Bisa juga dengan cukup menghaluskan kiwi dengan garpu dan tambahkan gula halus sebagai saus puding atau es krim.

Menurut Bara lagi, kiwi bukan sekadar buah yang cocok dimakan dengan rasa manis.

Bagaimana dengan selapis roti berisi daging kalkun asap gurih dengan potongan kiwi di dalamnya. Selipkan potongan kiwi dalam tacos, kebab, juga salad udang.

Tambahkan pula kiwi dalam semangkuk oatmeal, sereal, atau yogurt. Atau cukup belah dua kiwi dan melahapnya dengan bantuan sendok.

''Mengonsumsi buah kiwi bersama dengan sereal yang mengandung tambahan zat besi akan meningkatkan daya serap tubuh terhadap zat besi.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement