Ahad 23 Mar 2014 09:18 WIB

Suzhou, Venesia Berbalut Sutra (3-Habis)

Rep: Elba Damhuri/ Red: Indira Rezkisari
Shuzou
Foto: absolutechinatours.com
Shuzou

REPUBLIKA.CO.ID, Untuk ke Suzhou, kita harus naik pesawat Jakarta-Shanghai kemudian lanjut dua jam perjalanan bus atau setengah jam kereta. Harga tiket pesawat Jakarta-Shanghai pp rata-rata antara 500-800 dolar AS, tergantung waktu pemesanan dan musim liburan atau tidak.

Dari Shanghai ke Suzhou bisa sewa mobil seharga Rp 1 jutaan sehari. Untuk wisata, disarankan sewa mobil.

Hotel

Pilihan menginap lebih baik di Shanghai yang menyediakan banyak pilihan hotel, dari bintang satu hingga bintang lima. Ada Holiday Inn, Shangri-La, Mariott, Kempinski, dan hotel-hotel lokal yang cukup mewah dan bergengsi.

Di Holiday Inn, untuk kamar standar, harga per malam Rp 1,5 juta plus sarapan untuk dua orang. Hotel ini terletak di pinggir pusat Kota Shanghai, atau sekitar 15 menit dari pusat kota. Hotel Shangri-La tidak jauh berbeda dalam soal harga, hanya saja letaknya di dekat Bandara Pudong, Shanghai.

Transport lokal

Taksi di Shanghai relatif banyak dan tidak mahal, tergantung jam. Semakin malam kita pergi dengan taksi, semakin mahal argo resmi yang diberlakukan. Jika pada siang dan sore hari argo pertama 10 yuan (sekitar Rp 15 ribu), maka pada malam hari menjadi 15 yuan (sekitar Rp 22 ribu).

Makanan halal

Makanan halal agak sulit ditemukan di Suzhou. Tetapi, kita bisa minta kepada pemandu wisata untuk memesan makanan halal. Bahkan, kita bisa minta ke mereka untuk tidak menyatukan alat masak daging babi, misalnya, dengan makanan yang kita pesan saat dimasak.

Makanan di Suzhou tergolong murah, sekali makan 20-50 yuan (Rp 30 ribu sampai Rp 75 ribu). Makanan cepat saji juga tersedia. Suvenir

Tidak sulit mencari suvenir di Suzhou. Di semua tempat wisata ada toko suvenir dan murah-murah. Yang penting berani menawar. Biaya wisata lokal Siapkan uang sekitar 300 yuan (sekitar Rp 450 ribu) untuk masuk ke tempat-tempat wisata di Suzhou.

Visa Cina

Pembuatan visa ke Cina normalnya 3-5 hari kerja. Ada juga layanan sehari jadi dengan biaya Rp 1 juta. Visa normal harganya Rp 500 ribu per paspor.

1. Pas foto 4x6 dua buah berlatar putih.

2. Foto kopi KTP .

3. Paspor masih berlaku minimal setahun.

4. Kartu Keluarga.

5. Tiket pesawat.

6. Tanda booking hotel.

7. Surat dari kantor atau pengundang.

8. Biaya:

    Rp 575 ribu (5 hari kerja)

    Rp 960 ribu (3 hari kerja)

    Rp 1.160.000 (1 hari kerja).

Total Biaya 4 Hari 3 Malam (Suzhou plus Shanghai) 1.300-1.600 dolar AS atau sekitar Rp 14 Juta-17 Juta (Belum termasuk belanja suvenir)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement