Kamis 13 Mar 2014 17:06 WIB

Faktor yang Sebabkan Gelombang Hallyu Kian Kuat (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Lee Min Ho
Foto: EPA/Dennis M. Sabangan
Lee Min Ho

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL --  Gelombang Korea atau yang disebut 'Hallyu' di seluruh dunia semakin kuat. Demam Hallyu telah merebak ke berbagai penjuru dunia. Kondisi ini jauh berbeda dibanding 10 tahun lalu.

Nama-nama seperti Lee Min Ho, Kim Soo Hyun, Park Shin Ye dan Kim Woo Bin kian memantapkan terpaan gelombang Korea yang telah dimulai oleh senior mereka terdahulu, seperti Bae Yong Joon, Hang Dong Gun, Le Byung Hun dan lainnya.

Salah seorang ahli hubungan internasional mengatakan, keberhasilan Hallyu ini tidak lepas dari media yang kian beragam. Situs jejaring sosial misalnya, efektif menyebar virus Hallyu dan membuat jumlah penggemar Korea terus meningkat.

Perbedaan besar antara bintang hallyu dulu dan sekarang adalah pemanfaatan sistem jaringan sosial. Meskipun Bae Yong Joon membuat akun dimedia sosial, namun ia serta Choi Ji Woo dan lainnya terlambat beradaptasi sebagai generasi pertama hallyu.

Itu berbeda dengan Lee Min Ho yang sangat tertarik untuk memeprbaharui banyak akun jejaring sosialnya, seperti Weibo, Facebook, dan Me2day. Dia memiliki hampir 20 juta pengikuti Weibo.

Kim Woo Bin memiliki satu juta pengikut di Weibo, sedangkan Jang Geun Suk mengantongi 10 juta penggemar di jaringan Twitter ala Cina itu. Park Shin Hye memiliki enam juta pengikut di Weibo.

Akun Weibo penting dalam mengukur popularitas seorang bintang hallyu di Cina, sebab Cina melarang apapun bentuk jejaring sosial lainnya di sana. Weibo adalah satu-satunya yang diizinkan oleh pemerintah Cina, sehingga bisa memberikan hubungan langsung antara bintang dan penggemarnya di Negeri Tirai Bambu itu.

Bintang hallyu juga mencoba menjangkau penggemarnya dengan multibahasa. Misalnya, ketika mengirimkan pesan video, mereka biasanya bercakap dalam empat bahasa, misalnya Korea, Cina, Jepang, dan Inggris. Atau, mereka akan menambahkan teks berjalan di bawahnya.

Hal ini yang kemudian membuat banyak bintang Hallyu kerap menyambangi penggemarnya di berbagai negara.

"Ini juga bertepatan dengan fakta bahwa Cina dan Pasifik Barat terus menjadi negara dengan ekonomi yang menguntungkan. Negosiasi kontrak antara bintang-bintang di wilayah ini terus meningkat. Kontrak itu bahkan mulai dari hal-hal besar, sampai hal-hal kecil, seperti air minum si artis," ujar ahli tersebut.

Kim Soo Hyun misalnya, untuk menjalani kontrak di Cina, ia mensyaratkan jet pribadi sebagai sarana transportasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement