Selasa 25 Feb 2014 06:29 WIB

10 Tips Menghindari Bahaya di Pantai (1)

Rep: mutia ramadhani/ Red: Muhammad Hafil
Larangan berenang di sebuah pantai tempat rekreasi. (ilustrasi)
Foto: Antara
Larangan berenang di sebuah pantai tempat rekreasi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berada di bawah sinar matahari di pantai atau berenang di laut mungkin sangat menyenangkan. Namun, tak ada yang bisa menghindar jika pantai juga mengandung sejumlah bahaya. ROLers, berikut adalah beberapa tips penting yang bisa membantu Anda menghindari bahaya umum di pantai.

1. Lindungi diri dari serangga

Di pantai tertentu di seluruh dunia, serangga menikmati lingkungan berpasir dan lazim menjadi gangguan bagi pengunjung pantai. Misalnya, ada serangga penghisap darah, sepert lalat pasir dan chiggers yang bisa meninggalkan merah dan gatal di tubuh Anda. Supaya tidak fatal, Anda bisa meneliti dimana Anda berbaring di pantai. Selalu bawa bug spray jika memungkinkan, dan ini bisa menjadi ide baik.

2. Hati-hati kuman

Anda mungkin tak banyak tahu jika pasir pantai mengandung mikroorganisme yang bisa menyebabkan Anda sakit perut serius. Sebagai contoh, ada bakteri E coli yang umum ditemukan dalam kotoran manusia dan hewan yang mungkin saja ada di pantau. Cobalah untuk menghindari menelan air laut ketika berenang dan selalu mencuci tangan setiap kali Anda ingin makan di pantai.

3. Hati-hati makhluk laut

Anda mungkin akan terpikat sejumlah makhluk laut yang eksostis dan memikat. Anda harus memastikan makhluk apa yang Anda temui ketika menyelam. Misalnya, hewan laut seperti ubur-ubur beracun yang bisa menyengat Anda dan beracun. Makhluk lain, seperti hiu dan paus pembunuh juga bisa saja Anda temui di sejumlah pantai dan laut di dunia. Ingat, jangan memakai perhiasan mengkilap ketika berenang untuk menghindarkan diri Anda sebagai pusat perhatian dan makhluk laut di sekitar Anda. (Mutia Ramadhani)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement