Sabtu 15 Feb 2014 07:01 WIB

Album Baru, The Virgin Mencoba Lebih 'Lepas' Dalam Berkarya

The Virgin saat meluncurkan album terbaru mereka, Positive Negative, Jumat (14/2)
Foto: Antara/Teresia May
The Virgin saat meluncurkan album terbaru mereka, Positive Negative, Jumat (14/2)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duo The Virgin identik dengan lagu-lagu mellow. Hal itu tergambar sejak kehadiran mereka di tahun 2009 dengan single "Cinta Terlarang". Lagu itu meledak dan imej sebagai spesialis lagu mellow langsung melekat di duo bentukan Ahmad Dhani ini.

Lima tahun berlalu, Mita dan Dara mengalami banyak perubahan. Banyak hal yang mereka pelajari. Tidak hanya dari sisi musikalitas, tapi juga cara membaca pasar.

Hal itulah yang coba mereka gambarkan di album terbaru The Virgin bertajuk 'Positive Negative'. Ini merupakan album kedua The Virgin setelah 'Yes I Am' di tahun 2011.

"Kita mencoba untuk lebih nge-rock," ujar Mitha menggambarkan album terbarunya itu, Jumat (14/2) siang.

Mita mengatakan, perubahan yang mereka lakukan tidak sebatas memberi ruang lebih untuk distorsi, tapi juga mencoba lebih lepas dalam berkarya. Salah satunya tergambar lewat 'Cinta Terlarang' yang mereka aransemen ulang, dengan konsep akustikan dan terkesan jauh lebih lepas.

Secara keseluruhan ada 11 lagu dalam album ini. Selain 'Cinta Terlarang, 'The Virgin juga mengaransemen ulang dua lagu Dewa 19, yakni 'Cinta Gila' dan 'Lagu Cinta'.

Sementara untuk lagu andalan, The Virgin memilih lagu 'Sedetik' yang merupakan ciptaan Mita, serta tiga lagu baru, 'Make me Sick', 'Sedetik' dan 'Positive Negative'.

"Lima tahun dengan hanya satu album memang bukan hal mudah untuk bertahan di dunia musik. Kami disebut tidak produktif, tapi kita bangga dengan punya satu album tapi masih bisa bertahan sampai sekarang," ujar Mita.

Meski mencoba memberi sentuhan baru, Dara dan Mitha tidak bisa sepenuhnya lepas dari unsur mellow. Ahmad Dhani sebagai pemberi restu keduanya tetap menginginkan ada satu lagu mellow sebagai penyeimbang pasar.

"Satu album kita inginya nge-rock semua. Sempat minta izin sama Mas Dhani, tapi nggak dikasih. Dia bilang harus ada yang selera pasar," kata Mitha.

"Makanya akhirnya lagu sedetik dimasukkan ke dalam album di saat-saat terakhir," kata Mitha.

Berikut daftar lengkap sebelas lagu yang ada di album baru The Virgin.

1. Make Me Sick

2. Sedetik

3. Cinta Gila

4. Cinta Terlarang

5. Bungkam

6. Di Sini

7. Egois

8. Cuma Kamu

9. Lagu Cinta

10. Positive Negative

11. Sama Di Mata Tuhan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement