Kamis 13 Feb 2014 13:38 WIB

Lereng Terjal Grand Canyon (3-Habis)

Rep: Teguh Firmansyah/ Red: Indira Rezkisari
Lima juta orang tercatat menyambangi Grand Canyon setiap tahunnya.
Foto: Robert Galbraith/Reuters
Lima juta orang tercatat menyambangi Grand Canyon setiap tahunnya.

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak ingin ke Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat. Keindahan lerenglereng terjal Grand Canyon merupakan salah satu yang terindah di dunia. Bagi Anda yang ingin ke Grand Canyon, tidak perlu khawatir dengan penginapan. Banyak pilihan hotel yang tersedia di sana. Bisa di luar pintu masuk Taman Nasional Grand Canyon ataupun di dalam tempat wisata itu sendiri. 

Untuk harga di luar taman nasional, tentunya bisa lebih terjangkau, yakni sekitar 100 dolar AS per malam. Salah satu lokasi yang cukup strategis, yakni di Tusayan, dekat bandara Grand Canyon. Jaraknya sekitar 11 kilometer dari Desa Grand Canyon Jalur Selatan.

Dari Tusayan, para turis juga bisa menaiki bus yang telah disediakan menuju tempat wisata. Namun, sebaiknya Anda melihat jadwalnya terlebih dahulu serta waktu pemberangkatan dari tempat pemberhentian. Karena, biasanya taman nasional menyediakan fasilitas layanan saat musim-musim liburan.

Bus pariwisata memang menjadi opsi menarik bagi yang tak membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil travel. Bus-bus itu disediakan khusus untuk mengangkut wisatawan melalui halte-halte tertentu.

Hanya, bus pariwisata itu sudah memiliki rute tersendiri mengingat wilayah Grand Canyon yang cukup luas. Pengunjung juga tidak bisa menentukan waktu seenaknya lantaran bus telah menetapkan berapa lama waktu pemberhentian di setiap spot wisata.

Sementara, bagi yang memang sengaja menginap di pusat Kota Arizona, Phoenix, menggunakan bus travel merupakan pilihan menarik. Dengan menggunakan travel, pengunjung tidak hanya bisa menikmati lokasi wisata Grand Canyon, tetapi juga tempat menarik lainnya.

Waktu tempuh dari pusat Kota Arizona sampai Grand Canyon sekitar empat sampai lima jam. Jika ingin pulang-pergi (tanpa menginap di Grand Canyon), sebaiknya berangkat pada pukul 07.00. Kendaraan akan menuju ke arah utara sampai Grand Canyon.

Pengunjung bisa istirahat sejenak di tempat pemberhentian jika kelelahan atau sekadar ingin ke kamar kecil. Biasanya, setiap area peristirahatan menjual beragam suvenir serta makanan maupun minuman.

Salah satu tempat bersejarah yang direkomendasikan sebelum sampai ke Grand Canyon adalah Montezuma Castle. Lokasi ini merupakan tempat suku asli Indian bermukim. Mereka tinggal di dalam lereng-lereng batuan atau sekitar 100 kaki dari dasar tebing.

Pada saat musim gugur seperti pada November ini, daun-daun pepohonan di sekitar tebing menguning dan juga yang berwarna kemerah an. Aliran sungai yang berada tak jauh dari tebing menambah nuansa keindahan Montezuma Castle.

Biaya untuk masuk tidaklah mahal, hanya lima dolar AS. Tempat wisata yang merupakan bagian dari Taman Nasional AS ini juga menyediakan pe mandu wisata.

Setelah puas, Anda bisa berangkat kembali ke tujuan utama Grand Canyon. Namun, sebelum masuk ke Grand Canyon melalui pintu timur, ada satu restoran Indian yang bisa disinggahi untuk makan siang.

Di restoran Cameron ini juga disediakan beragam suvenir suku-suku asli Indian, mulai dari perhiasan sampai anak panah. Jarak tem puh dari Cameron ke lokasi wisata sekitar 30 menit. Jadi, bagi yang ingin berangkat ke sana tahun depan, mungkin bisa direncanakan dari sekarang. Selamat berlibur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement