Selasa 19 Nov 2013 16:29 WIB

Selfie di Pemakaman, Tren Mengganggu di Sosmed

Peti mati di upacara pemakaman (ilustrasi)
Peti mati di upacara pemakaman (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Anda mungkin sudah lazim mendengar kata 'selfie' atau bisa jadi Anda salah satu yang kerap melakukan aktivitas berbau 'selfie' menjepret foto sendiri di hampir setiap kesempatan. Tapi bagaimana dengan 'funeral selfie'?

Itu adalah hashtag yang yang kini lumayan sering digunakan di sosmed alias jejaring media sosial, terutama di Amerika Serikat. Dalam beberapa kesempatan orang mengambil foto dirinya sebelum, selama atau setelah upaya pemakaman.

Ironisnya mereka lalu memajang foto itu online. Bahkan di AS ada sebuah blog populer yang memiliki laman khusus didedikasikan untuk 'funeral selfie', salah satunya yakni sebuah akun di mikrobloggingTumblr, Selfies at Funeral.

Kehadiran akun ini memicu kemarahan di Internet. Mereka melontarkan tanggapan kengerian lantaran aksi narsisistik itu dilakukan di dalam suasana berkabung.

Beberapa pengelola pemakaman mengakui melihat aktivitas tersebut. Mereka biasanya mencoba menghentikan agar foto-foto itu tidak sampai tayang di internet. Bagi sejumlah orang, perilaku dan trend ini sangat menganggu terlebih bagi keluarga yang sedang berduka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement