Senin 28 Oct 2013 08:19 WIB

7 Tips Cepat Untuk Belajar Bahasa Jepang (3)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
7 Tips Belajar Bahasa Jepang
Foto: Rocketnews24
7 Tips Belajar Bahasa Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Banyak orang yang menyebut Bahasa Jepang sulit untuk dipelajari. Meski demikian, pada kenyataanya bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa favorit yang ingin dipelajari banyak orang di seluruh dunia.

Di sisi lain, ada orang yang menghabiskan seharian waktunya untuk menonton anime dan berharap bisa menjadi pintar karenanya. Itu semua tidak cukup.

ROLers, berikut kita akan belajar tips dan trik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Teknik berikut merupakan kombinasi dari pengalaman orang asing yang fasih berbahasa Jepang, dilansir dari RocketNews24, Senin (28/10).

5. Bacalah Kemudian Tuliskan

Ingat cara mudah untuk menerapkan cara belajar seperti anak-anak. Nah, anak-anak biasanya belajar sambil duduk dan membaca buku-buku pelajarannya. Kemudian, kebanyakan mereka akan mencatat dalam bentuk note-note kecil berisi sejumlah daftar panjang kosakata. Mereka suka membuat kesimpulan dan rumus sendiri supaya cepat memahami sebuah pelajaran baru.

Anda juga bisa menerapkan hal ini pada teknik belajar anda. Anda harus memperbanyak kosakata anda dalam bahasa Jepang. Anda bisa menuliskannya dalam bentuk-bentuk unik yang memudahkan anda untuk mengingatnya.

6. Belajar Bahasa dalam Konteks

Jika anda mencoba memelajari seluruh kosakata dan huruf kanji Jepang, kemudian mengulang menghapalnya berulang-ulang, mungkin anda hanya membuang waktu. Kunci untuk menghapal yang cepat adalah membuat lampiran kemudian menghubungkan kata-kata, sekaligus menciptakan memori kenangan saat anda menghapalnya.

Pelajarilah bahasa Jepang sesuai dengan konteks anda sewaktu belajar. Misalnya, anda jangan hanya menghapalkan bagaimana menyebut kelelawar dalam bahasa Jepang, tapi juga pelajarilah kelelawar itu di dalam konteks kalimat. Kelelawar muncul dimalam hari, hidupnya berkelompok, makanannya buah-buahan, habitatnya di pohon-pohon beranting banyak atau di gua-gua yang gelap.

Dengan memasukkan sebuah kata ke dalam konteks kalimat, maka anda akan memperkaya kemampuan berbahasa Jepang anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement