Sabtu 26 Oct 2013 11:02 WIB

Ini Bisa Dicoba, Puding Kaca Fenomenal

Puding Kaca
Foto: Honesty Rasyid
Puding Kaca

REPUBLIKA.CO.ID,oleh: Honesty Rasyid

“Puding kaca ini pertama saya lihat di program TVRI – Acara Untuk Keluarga -, ketika itu saya masih duduk dibangku SMP di tahun 1986,”  ujar Nenis, admin komunitas Bakul Kue Rumahan. Dulu namanya Puding putri dalam kaca,  sekarang disebut puding kaca saja . Puding ini kembali menjadi pusat perhatian, karena bentuknya yang unik, dan kombinasi warna puding yang cantik dan menggiurkan.

Postingan puding kaca di komunitas BKR  (Bakul Kue Rumahan ) sangat menarik perhatian anggota milist yang beranggotakan 8.720 personel yang terdiri dari ibu-ibu dan remaja. Baik pemula yang ingin belajar berusaha maupun pengusaha kue rumahan yang sudah sukses di seluruh Indonesia, bahkan ada anggota yang berada diluar Indonesia. Melalui dunia maya ini mereka berinteraksi saling berbagi ilmu dan pengalaman.

Banyak pertanyaan seputar bahan-bahan dan bagaimana cara membuat puding cantik ini. Seperti biasa admin mengadakan kegiatan BMS (Berani Membuat Sendiri) untuk anggota BKR yang tujuannya  untuk membantu menjawab semua pertanyaan dan berdiskusi  bersama  mencari jawaban disamping melatih  anggota berani berkreasi sendiri

 

Kegiatan BMS ini akan dipandu oleh salah seorang anggota BKR yang ditunjuk oleh admin, yang mereka sebut dengan host. Tentu saja host yang ditunjuk adalah anggota yang terampil dan menguasai tema yang akan dibahas pada saat itu. Anggota yang sudah mempraktekkan resep dari host diminta untuk menyetorkan foto kreasi mereka di milis.

Pada event BMS yang ke 7 kali ini, tema pilihan adalah Puding Kaca. Jangan ragu-ragu untuk ikut menguji nyali, karena host dan teman-teman di grup dengan senang hati berbagi dan berdiskusi bersama. Pembaca di rumah pasti penasaran juga dengan puding kaca ini bukan ?

Mari kita simak resep dan trik dibawah ini :

Puding Kaca  

Oleh : Ellen – La Cokelat

Resep Puding Bunga  ( 1 )

1 bks agar-agar plain/bening

5 sdm gula pasir ( sesuai selera)

700ml  santan (200ml santan kara + air),

1/4 sdt garam

Cara:

Campur semua bahan dalam panci, masak sampai mendidih. Lalu bagi bahan ke beberapa wadah beri pewarna sesuai selera lalu masukkan dalam cetakan kecil, dinginkan.

Resep Puding Kaca  (2)

1/2 bks nutrijel leci

1/2 bks agar plain/bening

 5 sdm gula pasir

700 ml air

Cara :  campur  semua bahan dan  masak hingga mendidih

Resep Puding Coklat  (3)

1/2 bungkus agar-agar rasa cokelat

3 sdm gula pasir (sesuai selera)

1 bungkus hot chocolate

400 ml susu UHT cokelat

Cara : Campur semua bahan di panci dan aduk rata . Masak hingga mendidih

Langkah-langkah pembuatan :

1. Siapkan bahan-bahan  dan  cetakan yang akan digunakan, basahi dengan air matang sisihkan.

2. Masak bahan puding bunga (1) untuk hiasan dalam puding kaca, bisa  menggunakan susu UHT atau santan. Cetak dalam cetakan kecil bermotif yg sudah disiapkan, lalu dinginkan

3. Sembari menunggu puding set, siapkan dan masak bahan puding kaca/bening (2)  sampai mendidih. Hilangkan uap panas adonan sambil terus diaduk-aduk.  

4. Ambil loyang dasar yang udah dibasahi, tuang agar bening sedikit didasar loyang, kemudian susun puding bunga kecil/hiasannya sampai penuh dilapisan pertama, lalu tuang kembali dgn agar bening sampai bunga terendam.

5. Ulangi untuk sisa puding bunga/hiasannya, tata bunga diatas lapisan pertama, tuang agar bening sampai terendam, hingga agar beningnya habis.

6. Selagi nunggu lapisan bening setengah set, masak bahan puding cokelat (3) sampai mendidih, untuk lapisan terakhir.

7. Tuang adonan coklat sesendok demi sesendok diatas puding bening yg sudah setengah set tadi. (Tujuannya agar puding cokelat tidak tercampur dengan puding kaca). Lakukan bertahap, sampai adonan coklat habis, lalu dinginkan.

8. Setelah  puding kaca dingin sempurna, siap dikeluarkan dari cetakan.

Puding kaca ini dikatakan berhasil apabila saat pemotongan, isi dan lapisan coklatnya tidak terurai. Jadi, setelah dipotong, puding kaca masih tetap menyatu seperti foto diatas.

Selamat mencoba

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement