Sabtu 28 Sep 2013 13:09 WIB

Kalahkan Susu Sapi dan Kedelai, Ini Dia Susu Terbaik

Susu almond/ilustrasi
Foto: c3fitnessoc.com
Susu almond/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Dibandingkan susu kedelai atau susu sapi, kandungan vitamin dan mineral susu almond jauh lebih tinggi. Gerakan hidup sehat kian ramai dengan berbagai ajakan untuk mengadopsi pola makan yang berbeda. Prinsip food combining, diet paleo, hingga pola makan yang hanya menyantap seminim mungkin masakan yang dimasak di atas api atau dikenal dengan raw food pun bertambah populer.

Salah satu jenis minuman yang turut naik daun seiring meningkatnya gerakan makan tersebut adalah almond milk atau sari almond yang penampilannya mirip susu. Susu dari kacang almond ini sudah lama dikenal sebagai pengganti susu sapi sejak zaman dulu.

Sari kacang almond memang lebih sehat dibanding susu sapi. Situs fitday.com menulis, sari kacang almond memiliki kandungan kolesterol yang jauh lebih rendah dari susu sapi. Bahkan, sari kacang almond tidak mengandung lemak jenuh, sehingga tidak akan merusak sistem kardiovaskular.

Manfaat kesehatannya masih panjang. Sari kacang almond mengandung vitamin E yang baik sebagai pencegah kanker. Senyawa flavonoidnya juga mengurangi radikal bebas dalam tubuh, pelindung dari penyakit degeneratif, seperti osteoporosis dan diabetes. Kandungan omega 3 sari kacang almond juga bisa membantu mengurangi level kolesterol jahat atau LDL.

Bila dibandingkan dengan sari kacang kedelai atau susu dari beras, sari kacang almond memiliki kandungan vitamin dan mineral yang paling tinggi. Seperti zinc, zat besi, kalsium, potasium, hingga selenium. Kandungan vitamin dan mineral tersebut umumnya ditambahkan dalam susu sapi, kedelai, atau susu dari beras. Di sari kacang almond, vitamin dan mineral tersebut secara alami tersedia.

Membuat sendiri sari kacang almond sangat direkomendasikan. Selain mudah, buatan sendiri akan lebih terjamin kesehatannya. Proses pembuatan sari ini melibatkan almond yang direndam selama satu hingga dua malam. Semakin lama almond direndam, semakin menyerupai susu yang creamy rasanya. Tapi, sari kacang almond tidak tahan lama di dalam kulkas. Pastikan membuat dalam porsi secukupnya.

Rendam satu cawan almond mentah dalam dua cawan air. Setelah semalam atau lebih, buang air dan basuh almond di bawah air yang mengalir. Dalam blender, masukkan almond dan kurang lebih dua cawan air matang. Blender dengan kecepatan paling tinggi selama dua menit.

Setelah itu, saring larutan almond dan air dari blender. Gunakan kain saringan yang halus dan tekan atau peras dengan tangan. Resep ini kurang lebih akan menghasilkan dua cawan sari kacang almond. Untuk menambah rasa, silakan menggunakan madu atau pemanis lainnya. Sari kacang almond atau susu almond pun siap diminum. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement