Kamis 26 Sep 2013 12:17 WIB

SM Entertainment Vs YG Entertainment, Siapa yang Anda Pilih?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Presiden Direktur SM (kiri) dan YG (kanan)
Foto: MTV
Presiden Direktur SM (kiri) dan YG (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- ROLers, jika anda berkesempatan menjadi trainee dari salah satu lembaga hiburan terbesar di Korea Selatan, manakah yang anda pilih?

Sebagian pecinta hip hop mungkin akan memilih menjadi YG Entertainment. Namun, bagi mereka yang kurang suka maka akan memilih SM Entertainment.

Kali ini kita akan melakukan face off K-pop dan anda bisa mengetahui label mana yang tepat untuk anda. Berikut paparan keduanya, dilansir dari Kpopstarz, Kamis (26/9).

1. YG Entertainment

YG Entertainment didirikan oleh Yang Hyun Suk pertama kalinya ketika dia melahirkan duo hip hop Jinusean dan kelompok 1TYM. YG merupakan satu dari tiga label besar di industri musik Korea Selatan dan terus menjadi label terbaik di Korea.

Hyun Suk sendiri merupakan mantan anggota Seo Taiji and Boys, sehingga dia sangat tahu bagaimana rasanya berada dalam kelompok laki-laki.

YG mulai melejit ketika penyanyi solo pertama mereka, Se7en mencetak sukses besar di dua negara, Korea dan Jepang. Grup idola pertama mereka, BigBang, berhasil menjadi kelompok hip hop terbesar di Asia.

Meskipun upaya YG membentuk kelompok hip hop wanita terbilang gagal. YG tetap bisa melahirkan girlband 2NE1. Tak lupa, YG juga menjadi rumah bagi Psy, pelantun 'Gangnam Style' yang mendunia.

2. SM Entertainment

SM Entertainment didirikan oleh Lee So Man dan tak ubahnya seperti Disney yang populer di Amerika Serikat. SM adalah rumah bintang yang merupakan label rekaman musisi, aktor, aktris, model, dan banyak variasi di dunia hiburan. SM memulai Hallyu wave di Asia dan dunia.

SM membawahi banyak grup populer. Generasi pertama mereka adalah HOT, SES, Fly to the Sky, dan Shinhwa. Mereka sekarang menjadi rumah bagi BoA, DBSK, Super Junior, Girls Generation, SHINee, f (x), EXO, dan Ayumi Hamasaki. Artis-artis SM mungkin yang terbesar di Asia.

Jadi, siapa yang anda pilih?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement