Selasa 24 Sep 2013 12:01 WIB

Ini Dia Musisi K-pop yang Masuk MTV EMA 2013

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Grup K-pop yg masuk nominasi internasional
Foto: Kpopstarz
Grup K-pop yg masuk nominasi internasional

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- MTV Europe Music Awards merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi dan terhormat untuk semua seniman musik seluruh dunia.

Ada lima kategori utama di ajang tersebut. Khusus untuk MTV EMA Worldwide Act tahun ini telah dipecah menjadi 36 subkategori, salah satunya subkategori Best Japan Act, Best Taiwan Act, Best Hongkong/China Act, dan Best Korea Act.

Itu berarti aliran musik dipecah berdasarkan genre negara, bukan hanya benua saja. Penggemar musik K-pop seluruh dunia tentu penasaran mungkinkah idola mereka masuk sebagai nominator di dalamnya.

Dilansir dari Kpopstarz, Selasa (24/9), calon pertama yang masuk adalah BAP, kelompok boyband rap terkenal sejak debut mereka Januari 2012 dengan lagu 'Warrior.' Mereka bahkan merilis album 'One Shot' Februari lalu dan masuk ke Billboard Chart di posisi pertama.

Kedua, Boyfriend. Meskipun boyband ini belum aktif di Korea, namun anggotanya sangat dinamis dalam melakukan promosi di Jepang dengan lagu mereka 'Melody of Eyes.' Lagu ini menempati urutan kedua di Oricon Chart Japan pada Maret 2013.

Ketiga, EXO. Sebanyak 12 personel EXO tahun ini meluncurkan album 'XOXO' yang berakhir dengan nomor satu di Billboard World Album Chart. EXO juga berhasil menjual 740 ribu kopi albumnya hanya dalam waktu tiga bulan setelah rilis, sehingga memecahkan rekor.

Single mereka 'Growl' membuat kemenangan di seluruh program musik Korea empat pekan berturut-turut dan masuk ke semua chart musik di Asia.

Keempat, Sistar. Girlband ini adalah satu-satunya kelompok gadis yang berhasil menembus MTV EMA 2013. Mereka comeback awal tahun ini dengan lagu 'Give It to Me' dan langsung menuju posisi tertas pada semua chart musik hanya dalam sehari rilis.

Mereka mencetak 'All Kill' di Melon, Mnet, Olleh Music, Bugs, Soribada, Monkey3, Naver Music, Cyworld Music, Daum Music, Gaon dan US Billboard Kpop Hot 100.

Kelima, U-Kiss. Grup ini cukup populer disetiap konser dan membuat penampilan di Manila bersama grup lainnya dalam acara Dream Fantasy Concert' awal tahun ini.

Kelompok ini juga muncul sebagai salah satu penyanyi undangan dalam gelaran 'F1 Concert' di Malaysia bersama dengan 2NE1 dan bintang internasional lain, seperti Demi Lovato dan Backstreet Boys. Boyband ini bahkan menggelar konser di Jepang dalam rangkaian 'U-Kiss Zepp Tour 2013' dan membuat lebih dari 60 ribu orang menonton mereka.

Masuknya kelima grup ini ke dalam MTV EMA 2013 menunjukkan mereka layak mendapatkan penghargaan bergengsi. Ini juga membuat diri mereka lebih terkenal di kancah musik Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement