Selasa 17 Sep 2013 09:40 WIB

Deretan Pantai Indah di Pulau Belitung

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Hazliansyah
Pemandangan pantai di Pulau Belitung
Foto: informasitips.com
Pemandangan pantai di Pulau Belitung

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA BELITUNG -- Jika anda berkunjung ke Provinsi Bangka Belitung, tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata ke pantai. Sebab, daerah pesisir ini memang tersohor dengan pantai-pantainya yang indah.

Pantai Tanjung Tinggi harus masuk dalam daftar tujuan Anda jika datang ke pulau ini. Sebab, pantai ini sangat cantik karena memiliki batu-batu granit berbagai ukuran. Mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran raksasa.

Pantai Tanjung Tinggi juga memiliki pasir putih yang halus serta air biru jernih yang tenang. Dari atas batu granit raksasa, kita bisa melihat gerombolan ikan-ikan kecil yang berenang di laut.

Selain karena keindahannya, Pantai Tanjung Tinggi juga tersohor karena pernah menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai ini hanya berjarak sekitar 45 menit perjalanan naik mobil dari Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan.

Pantai kedua yang wajib dikunjungi adalah Pantai Tanjung Kelayang. Lokasi wisata ini terletak di utara kota Tanjung Pandan. Di tempat ini, wisatawan juga bisa snorkling sekaligus menyebrang ke pulau kecil yang berada tak jauh dari pantai.

Tanjung Kelayang juga memiliki pasir pantai berwarna putih yang lembut. Pantai ini kerap disinggahi oleh ratusan kapal pesiar dari mancanegara dalam event Sail Indonesia.

Pantai indah lain yang berada di pulau ini yaitu Pantai Tanjung Binga. Lokasi wisata ini berada di desa nelayan bernama Keciput, 8 km dari Pantai Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung Binga memiliki air laut yang biru jernih serta ombak yang tenang. Tak jauh dari pantai ini, terdapat dua pulau kecil yang bisa dicapai dengan hanya berjalan kaki karena air lautnya yang dangkal.

Di pantai ini juga terdapat restoran bernama Bukit Berahu. Restoran tersebut berada di bukit yang menghadap langsung ke pantai. Sambil menyantap makanan di restoran ini, kita bisa menikmati panorama keindahan pantai yang dihiasi ratusan kapal tradisional nelayan dari kejauhan.

Restoran Bukit Berahu juga dilengkapi dengan cottage penginapan. Untuk mencapainya, wisatawan hanya perlu menuruni anak tangga dari restoran untuk menuju cottage yang berada persis di pinggir pantai. Cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan atau sekedar melepas penat dari pekerjaan.

Karena letaknya yang dekat dengan perkampungan nelayan, wisatawan juga bisa membeli hasil tangkapan nelayan dan langsung mengolahnya di cottage tempat Anda menginap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement