Advertisement
Sabtu 03 Aug 2013 04:44 WIB

Indonesia Raih Emas di World Music Contest ke 17 di Belanda

Red:
Tim dari Indonesia
Tim dari Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, -- Dunia musik Indonesia patut berbangga tahun ini! Drum Corps Indonesia (DCI) dan Marching Band Gita Surosowan (MBGS) Banten berhasil meraih medali emas, perak, dan perunggu sekaligus dalam 17th World Music Contest (WMC) yang diselenggarakan di Kerkrade, Belanda. 

The 17th World Music Contest diikuti lebih dari 14 negara, 50 peserta domestik dan internasional, termasuk Indonesia. Kontes musik berskala dunia ini telah berlangsung mulai tanggal 4 - 28 Juli 2013.

 

 

Dalam kegiatan tersebut, Marching Band Gita Surosowan (MBGS) berhasil meraih sebuah medali emas dalam kategori Show World Division. Sedangkan, medali perak berhasil diraih Drum Corps Indonesia (DCI) untuk kategori yang sama. DCI juga berhasil membawa pulang sebuah medali perunggu pada untuk kategori Mars World Division.

DCI berhasil menampilkan kolaborasi utama marching band terompet, alat musik tradisional seperti kendang dan ketipung serta tarian parade dengan berbagai bendera warna warni dan bendera merah putih. Penampilan DCI yang semarak ini cukup banyak mendapat applause dari para penonton yang hadir.

 

 

Sementara MBGS Banten yang tampil pada 27 dan 28 Juli lalu tampil sangat  baik dalam kategori Show World Division dengan performa kolaborasi marching band dan teatrikal bertajuk "Rama dan Shinta".

Dengan perpaduan aransemen musik modern dan tradisional serta koreografi gerakan horn line dan percussion line yang rapi, penampilan MBGS sangat diapresiasi lebih dari 15 ribu penonton memberikan standing ovation usai penampilan MBGS di Limburg Stadium.

Acara WMC merupakan kontes marching band yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali di Kerkrade, Belanda. WMC mempertandingkan lima jenis kompetisi marching band yaitu: show, marching parade, mars, brass band dan percussion ensemble dengan dua kategori utama yaitu first division untuk pemula dan world division untuk skala profesional internasional.

Selama penyelenggaraan WMC ke 17 ini, diperkirakan sekitar 750 ribu penonton secara langsung telah menyaksikan acara tersebut. Acara juga telah mendapatkan liputan luas dari media di Belanda maupun mancanegara.

Wali Kota Kerkrade, Mr. Jos J.M. Som, kepada Dubes RI Den Haag Retno L. P. Marsudi secara khusus menyampaikan apresiasi positifnya atas partisipasi Indonesia dalam kegiatan tersebut dan mengharapkan Indonesia dapat kembali mengikuti kegiatan the 18th WMC yang akan diselenggarakan pada Juli tahun 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement