Jumat 26 Jul 2013 19:17 WIB

Inilah Tempat-tempat Wisata yang Rawan Kejahatan

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Citra Listya Rini
Srilanka
Foto: Dyah Ratna Meta Novia
Srilanka

REPUBLIKA.CO.ID, Hasil survei Associated Chambers of Commerce and Industry India menunjukkan jumlah wanita asing yang mengunjungi India turun 35 persen dalam tiga bulan terakhir. Ini terjadi usai kasus pemerkosaan terhadap wisatawan Swiss di Mady Pradhes pada maret 2013 lalu. 

Penurunan ini tentu saja menimbulkan kerugian bagi dunia pariwisata India. Padahal India merupakan salah satu negara yang kaya akan budaya dan keindahan alamnya. 

Lantas tujuan wisata mana saja yang rawan kejahatan? Berikut rangkumannya. 

1. Srilanka

Pemerintah Srilanka menerima banyak pengaduan dari wisatawan mengenai kasus pelecehan seksual yang dilakukan warganya. Pelecehan tersebut terutama terjadi di kawasan wisata pantai. Pada januari 2013 lalu, kepolisian Srilanka bahkan berhasil menangkap seorang pria lokal yang mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap turis perempuan asal Jerman yang sedang berjemur.   

Banyak turis yang melaporkan, pelecehan dilakukan oleh pedagang di pinggir pantai, tukang pijat dan sopir angkutan umum. Sebagian besar turis yang melapor berasal dari Eropa. 

Untuk mencegah semakin tingginya pelecehan seksual, saat ini pemerintah Srilanka secara serius merekrut dan anggota polisi untuk mahir berbahasa Inggris. Agar, kehadirannya bisa membantu turis asing lebih baik. Karena saat ini, kesulitan kepolisian Srilanka untuk membatu turis asing adalah kemampuan bahasa asing yang minim. 

2. Koh Phangan, Thailand

Kawasan yang satu ini juga masuk ke dalam daftar tidak aman, yakni di Koh Phangan, Thailand. Pulau di provinsi Surat Thani teluk Thailand ini terkenal dengan pesta Bulan Purnamanya. Pesta Bulan Purnama biasa diselenggarakan di Pantai Haad Rin. Saat pesta digelar, backpaker dari berbagai dunia tumpah ruah di kawasan yang terkenal dengan keindahan pantainya ini. 

Apalagi Koh Phangan yang memiliki luas lebih dari 80 Km2 ini terdapat sebuah taman nasional. Hutan hujan alami, keragaman hewan dan tumbuhan menjadikan kawasan ini layak sebagai tujuan wisata papan atas di Thailand dan Asia.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir kawasan ini mulai dianggap tidak nyaman, akibat keamanan yang minim. Sehingga sering kali terjadi keributan, baik sesama wisatawan, maupun dengan penduduk lokal. Pada malam tahun baru 2012 contohnya, seorang turis asal Inggris tewas tertembak saat terjadi bentrokan dua kelompok pemuda Thailand. 

Tewasnya pria bernama Ashton ini ternyata bukan hal yang baru. Sejak 2009 setidaknya sudah ada sembilan turis Inggris tewas di Thailand, yang juga menjadi korban keributan antar kelompok penduduk lokal.

3. Barbados, Karibia

Barbados juga akhirnya menjadi salah satu lokasi wisata yang tidak aman. Padahal Barbados menyimpan pesona alam yang menjadi daya tarik wisatawan. Negara kepulauan yang terletak di perbatas Laut Karibia dan Samudera Atlantik ini menjadi tidak aman lantaran banyaknya perampokan yang diamali turis asing. 

Kejadian ini mulai ramai sejak beberapa tahun terakhir. Pada Maret lalu misalnya, dua orang turis asal Inggris tewas di tangan perampok saat menikmati liburan.

Jika dibandingkan dengan negara lain, persentase kejadian ini sebenarnya masih terbilang kecil. Hanya saja sejak kejadian tersebut, pemerintah Inggris kini memberi peringatan agar semua warganya lebih berhati-hati saat berada di Barbados. Karena di negara yang dianggap lebih aman, kejahatan masih sangat mungkin terjadi.

4. Acapulco, Meksiko

Tempat berikutnya yakni Acapulco, Meksiko. Kota ini menjadi lokasi yang terkenal di kalangan backpacker. Karena, tempat penginapan di Acapulco terbilang murah tapi panorama yang disajikan tergolong istimewa. 

Kota ini juga menjadi kota resort yang tertua di Meksiko. Acapulco bahkan pernah menjadi kota favorit selebriti Hollywood dan jutawan dunia saat berlibur pada tahun 1950an. 

Namun, reputasi Acapulco sebagai kota resort terus menurun sejak terjadi pemerkosaan terhadap enam turis perempuan di sebuah resort pada Februari 2013 lalu. Parahnya lagi, perampok bisa menyerbu resort hingga masuk ke kamar. 

Sayangnya, setelah kejadian-kejadian ini pemerintaj setempat tidak juga meningkatkan keamanan kotanya. Alhasil, beberapa negara memberi peringatan khusus kepada warganya yang ingin berlibur ke Alcapulco. 

5. Agra, India

India juga punya satu tempat yang juga terbilang tak aman. Tepatnya di kota Agra. Agra yang menyimpan Taj Mahal menjadi salah satu lokasi yang banyak didatangi wisatawan setiap tahunnya. 

Sayangnya pada Maret lalu reputasi kota ini mulai tercoreng setelah seorang turis perempuan asal Inggris mengalami luka serius. Turis asal Inggris ini terluka karena melompat dari lantai dua Hotel Agra Mahal, tempat turis ini menginap. 

Setelah ditelusuri ternyata alasan perempuan tersebut lompat karena akan diperkosa manajer hotel. Polisi di kota Agra sempat mengamankan manajer hotel yang diduga akan melakukan perkosaan tersebut. Namun, sang manajer hotel membantah kalau ia akan melakukan perkosaan. Manajer hotel beralasan ia akan membangunkan perempuan tersebut agar tidak tertinggal penerbangan pulang. 

Setelah kejadian, berbagai komentar miring bermunculan di dunia maya. Dalam situs tinjauan tripadvisor, seorang wisatawan asal florida menuliskan kalau dirinya pernah diganggu di malam hari oleh manajer hotel yang sedang mabuk. 

sumber : Uniknya.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement