Sabtu 06 Jul 2013 08:32 WIB

Begini Cara Memilih dan Menyimpan Tahu yang Benar

Olahan tahu
Foto: ifood.tv
Olahan tahu

REPUBLIKA.CO.ID, Tahu. Siapa yang tak mengenal makanan kaya protein ini? Tahu biasa dijadikan hidangan ataupun cemilan di rumah. Makanan sehat ini begitu mudah dijumpai, baik di warung maupun pasar. 

 

Di pasar

Pilihlah tahu yang masih segar. Tahu segar memiliki tekstur yang padat, tidak berlendir, atau berbau asam. Inilah jenis tahu yang tidak mengandung formalin. Selain itu, tahu tak berformalin akan mudah hancur jika ditekan dan tidak bertahan lama. Sedangkan ciri tahu yang me ngandung formalin adalah teksturnya lebih kenyal, tidak mudah hancur, lebih awet, dan aromanya menyengat.

 

Di rumah

Tahu yang kita beli dari pasar atau warung, ketika tiba di rumah akan mendapat perlakuan yang berbeda. Terkadang, tahu akan langsung dimasak ataupun disimpan. Untuk tahu yang langsung dimasak, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencucinya dengan air bersih agar lendir dan bau yang menempel pada tahu hilang. Setelahnya, masaklah tahu sesuai selera Anda. Jika tahu ingin dibumbui, rendamlah tahu dalam larutan air dan bumbu selama beberapa menit. Jika ada tahu yang agak buruk, selamatkanlah dengan mengukus tahu tersebut ke dalam air mendidih selama kira-kira empat menit.

Sedangkan untuk tahu yang tidak langsung diolah alias disimpan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, cucilah tahu dengan air bersih, segera setelah pembelian. Kemudian, simpan tahu dalam wadah tertutup yang telah diisi air bersih. Dan simpanlah di dalam lemari es. Jangan lupa untuk selalu mengganti air dalam wadah tersebut, karena air yang tidak diganti akan menimbulkan keasaman.

- Untuk penyimpanan yang cukup lama, simpan tahu dalam wadah kedap udara. Sebelum disimpan, tiriskan dahulu kelembaban tahu. Gunakan batu sebagai alat untuk meniriskan kadar air dalam tahu, tutup batu dengan handuk, misalnya.

Kemudian, tekanlah tahu dengan batu yang telah dibungkus handuk hing ga kadar air dalam tahu ber kurang. Setelah seluruh tahu yang Anda punya ditiriskan, simpanlah tahu dalam lemari es. Dengan begitu, tahu da pat disimpan selama lima bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement