Jumat 28 Jun 2013 06:05 WIB

Talas Bogor Disulap Menjadi Kue Elit

Rep: Nora Azizah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kue lapis berbahan baku talas bogor.
Foto: Lapisbogor.blogspot
Kue lapis berbahan baku talas bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Selama ini, talas hanya diolah menjadi kolak atau campuran masakan. Batangnya bisa dijadikan sayur. Namun siapa sangka, umbi-umbian yang kerap ditemukan di Bogor, Jawa Barat ini bisa diolah menjadi kue yang lezat.

Di tangan Rizka W Romadhona, talas berubah wujud menjadi kue lapis. "Kami menggunakan talas dengan campuran tepung terigu," katanya ditemui saat acara Wanita Wirausahan Mandiri-Femina 2013 di Hotel Shangri La, Kamis (27/6).

Talas yang sudah diubah menjadi tepung diolah dengan tepung terigu dan bahan lainnya. Campuran tepung terigu dan talas membuat rasa kue lapis seperti brownis namun lebih legit.

Uniknya, talas yang identik dengan warna putih justru memiliki serat yang memunculkan warna keunguan. Sehingga penampakan kue lapis menjadi cantik dengan warna ungu tersebut. Modifikasi dilakukan dengan menambahkan parutan keju di bagian atasnya.

Kue lapis talas bogor ini diberi nama lapis sangkuriang. Sang pemilik sengaja menamakannya demikian agar keberadaan kue lapis talas ini bisa melegenda sebagaimana cerita legenda asal Sunda tesebut. Rizka mengaku, dia sebenarnya tidak bisa memasak. Keberadaannya hanya sebagai inovator untuk mengkreasikan talas dalam bentuk kue.

Baru didirikan sejak 2011 lalu, para konsumen awalnya hanya sebatas teman dan kerabat. Jumlah permintaan semakin banyak karena rasa kue yang unik dan cukup mengenyangkan. Saat ini sudah ada tiga outlet yang resmi berdiri di kawasan Bogor, Jawa Barat. Jumlah produksi pun dilansir mencapai ribuan kotak per bulannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement