Sabtu 23 Feb 2013 06:12 WIB

Gugah Selera dengan Cara Minum Yang Berbeda (1)

Rep: Niken Paramita Wulansari/ Red: Dewi Mardiani
Teh. (Ilustrasi)
Foto: kombuchakamp.com
Teh. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Minuman jika disajikan dengan cara yang unik dan penuh seni, akan jauh berbeda hasilnya. Bukan hanya sekadar pelepas dahaga, tapi juga mempunyai efek menenangkan, menyenangkan, dantak terlupakan. Ingin mencoba? Intip resep dari Chef I Made Budiarsa Penditini.

1. Teh dan Kopi

 

Biasanya, teh dan kopi cukup disajikan dalam cangkir, dengan tatakan plussendok teh. Coba cara baru untuk menyajikan minuman yang satu ini. Suguhkan teh atau kopi tanpa gula. Letakkan cangkir di atas baki kayu yang unik.

Sebarkan daun teh kering di atas baki atau biji-biji kopi disekitar cangkir. Sertakan gelas-gelas kecil bening berisi krim cair dan gula kristal. Jadi Anda ataupun tamu yang datang bisa menentukan sendiri rasa teh sesuai dengan selera. Penderita diabetes pun bisa mengatur takaran gula mereka.

Selain cangkir, letakkan sendok teh untuk mengaduk. Celupkan sendok teh terlebih dulu pada cokelat putih yang meleleh, lalu dinginkan. Selain menggunakan sendok cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengaduk teh menggunakan batang kayu manis.

Untuk lebih nikmat, celupkan kayu manis terlebih dulu dengan cokelat putih atau gula. Teh atau kopi yang diaduk dengan kayu manis akan terasa lebih beda. Sembari menikmati teh atau kopi, Anda juga bisa menikmati bread cheese stick yang terasa gurih atau cokelat stick yang terasa legit. Terbayang kan nikmatnya?

2. Wedang Jahe dan Cengkeh

Ada cara membuat wedang jahe lebih kuat rasa dan aromanya. Pertama, bersihkan jahe, lalu masukkan ke dalam arang yang membara (bukan di atasnya) agar minyak tidak menguap. Dinginkan, kupas, lalu rebus bersama air hingga matang dan berwarna kuning.

Untuk satu gelas air jahe dibutuhkan kira-kira 20 gram jahe.Tuangkan wedang ke dalam gelas beserta jahenya, masukkan sejumput cengkeh ke dalam gelas. Celupkan sebatang serai untuk pengaduk dan hiasi gelas dengan irisan jahe.

Kemudian, suguhkan wedang jahe dengan gelas kecil berisi madu,gula merah serut, serta jahe. Taburkan cengkeh ke atas baki. Dijamin akan menambah kenikmatan Anda meminum wedang.

sumber : loveindonesia.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement