Senin 28 Jan 2013 17:35 WIB

Bagaimana Bila Jeruk, Lemon Plus Jahe Jadi Selai? Intip Resepnya

Selai jeruk, lemon dan jahe berwarna coklat keemasan.
Foto: GUARDIAN
Selai jeruk, lemon dan jahe berwarna coklat keemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, Selai sebagai teman makan roti atau olesan biskuit mendapat tempat di hati banyak orang karena tekstur dan rasa segar buahnya. Tentu saja, di mana-mana selai buatan sendiri selalu menjadi nomor satu ketimbang beli di toko.

Nanas atau  strawberry sering kali menjadi pilihan. Bagaimana bila sedikit berbeda kali ini, yakni selai jeruk, lemon dan jahe dalam salah satu koleksi stoples olesan roti anda?. Hmm sudah bisa membayangkan rasanya? Asam manis dan sensasi hangat jahe yang menarik.

 Yuk kita tengok langkah mudah membuat selai tersebut seperti yang ditayangkan dalam Guardian.co.uk.

 

 

Bahan :

Jeruk 1 kg, jeruk lokal dengan kulit tebal,(jeruk bali juga bisa atau jeruk impor)

Lemon 4 buah

Gula pasir 2 kg

Jahe segar 100g

Dengan menggunakan pisau kecil, gores mendalam tiap kulit jeruk dan lemon menjadi empat bagian dari atas ke bawah. Buang kulit luar jeruk--kulit seharusnya mudah terkelupas dalam empat bagian. Setelah itu iris tipis-tipis.

Ukuran yang dianjurkan tidak lebih tebal dari tebal korek api, namun tekstur selai sangat bergantung pada selera pribadi.

Peras sari jeruk dan lemon dengan tangan anda ke mangkok atau wadah besar, kemudian cincang kasar bulir jeruk dan tambahkan ke dalam perasan tadi. Pisahkan biji-bijinya saat anda mencampurkan. Lalu tuangkan 2 liter air dingin ke dalam wadah.

Ikat biji jeruk dalam kantung kain belacu dan masukkan campurkan dalam campuran perasan sari jeruk dan diamkan semalam. Pektin akan membantu pembentukan selai.

Hari berikutnya tuangkan semua campuran perasan sari jeruk plus kantung berisi biji jeruk ke dalam panci besi stainless dan didihkan. Kecilkan api lalu  tambahkan jahe, yang sudah dikupas dan diiris tipis.

Biarkan cairan tetap membara di atas api kecil selama 50 - 60 menit hingga irisan kulit jeruk menjadi transparan. Ambil kantung berisi butir jeruk dan biarkan mendingin hingga bisa digenggam

Tambahkan gula ke dalam sari jeruk plus lemon yang telah mengental dan didihkan lagi. Saat itu peras sari jeruk dalam kantong kain belacu ke panci.

Saat cairan mendidih, hilangkan semua busa yang mengambang di permukaan. Sangat krusial untuk menghilangkan semua busa hingga bersih.

Didihkan lagi dengan api besar selama 15 menit lalu siapkan untuk menguji selai kita. Ambil sesendok makan selai, tempatkan ke piring dingin lalu masukkan ke kultas selama beberapa menit. Bila terbentuk lapisan tebal di permukaan, maka cairan sudah siap diangkat. Namun bila belum tetap didihkan dan tes kembali dengan prosedur seperti tadi.

Bila tes berhasil, angkat dan dinginkan cairan selai. Masukkan dalam stoples kaca dan jangan lupa beri label.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement