Rabu 16 Jan 2013 14:07 WIB

Bikin Jagung Bakar yang Gurih dan Lezat, Yuk

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Endah Hapsari
Jagung bakar (llustrasi)
Jagung bakar (llustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Selain nasi, jagung merupakan pilihan sumber karbohidrat. Rasanya yang manis juga membuat jagung justru seringkali diolah sebagai lauk sampingan. Kandungan utama jagung memang karbohidrat, hingga 60 persen. Dibandingkan dengan beras kandungan protein jagung lebih tinggi 8 persen. Di antara biji-bijian lainnya, jagung mengandung vitamin A paling tinggi.

Ada banyak cara mengolah jagung. Di Madura, nasi dimakan bersama jagung. Namanya, nasek empog. Nasi jagung madura dibuat dari nasi dan jagung yang dimasak bersama. Setelah matang, nasi jagung disantap dengan bermacam-macam lauk. Bisa dengan pecel, urap, ikan asin, oseng sayuran, atau sayur lodeh.

Jagung juga sedap dimakan begitu saja tanpa macam-macam bumbu. Jagung rebus bahkan bisa menjadi pilihan kudapan yang menyehatkan. Menu jagung lainnya yang populer adalah jagung bakar.

Pilih jagung dengan kulit yang berwarna hijau dan tidak kering. Biji jagung yang membentuk barisan pada tongkol, alias tidak bolong-bolong, menunjukkan jagung yang baik. Jagung yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua adalah jagung yang rasanya paling enak, manis dan gurih. Jagung tua biasanya berasa pahit.

Jagung bakar yang istimewa tidak sulit dibuat. Cukup lelehkan mentega atau margarin dan bumbui dengan bubuk bawang putih dan bubuk cabai. Tambahkan rajangan seledri atau keju untuk mendapatkan rasa jagung bakar yang lebih gurih.

Jika menginginkan rasa jagung bakar yang lain, coba tambahkan bubuk kari ke mentega leleh. Balurkan mentega berbumbu itu ke seluruh jagung, baru bakar di atas api. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement