Kamis 13 Dec 2012 15:26 WIB

Tak Ada Lagi Membaca Buku Sebelum Tidur

Rep: Nur Aini/ Red: Fitria Andayani
Keranjingan gadget kerap ganggu jam tidur/ilustrasi
Foto: redorbit.com
Keranjingan gadget kerap ganggu jam tidur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Hampir separuh penduduk dunia menghabiskan waktu 90 menit di depan laptop, tablet, atau telepon pintar menjelang tidur. Mereka memilih berselancar di Facebook atau twitter serta situs hiburan lain ketimbang membaca buku.

Sebuah penelitian yang diberitakan metro.co.uk, pemadaman lampu jelang tidur saat ini dilakukan pada tengah malam. Padahal, 10 tahun lalu, lampu sudah dipadamkan pada pukul 10.30 malam. Membuka situs internet dipilih 25 persen orang, sementara 15 persen lainnya memilih acara dari layanan situs televisi.

Adapun, sekitar 10 persen mengobrol dengan teman dan keluar melalui jejaring sosial sebelum mematikan lampu menjelang tidur. Persentase ini meningkat 67 persen pada usia di bawah 30 tahun. Penduduk usia 20-an lebih sering menggunakan telepon pintar sebelum tidur. Sekitar 25 persen di antaranya membuka situs dari alat tersebut. 

Akan tetapi, orang yang lebih tua atau yang lebih tradisional masih memilih kebiasaan lama. Hampir setengah penduduk berusia 60an lebih memilih membaca buku sebelum tidur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement