Kamis 06 Dec 2012 10:24 WIB

Inilah 5 Tempat Tinggal Terbaik di Dunia

Salah satu pojok kota Wina, Austria
Foto: blogspot.com
Salah satu pojok kota Wina, Austria

REPUBLIKA.CO.ID, Ada tidak ya, kota yang bebas polusi dan kejahatan serta punya transportasi publik dan sekolah yang bagus di dunia ini? Laporan tingkat kualitas kehidupan yang disusun oleh firma konsultan sumber daya manusia, Mercer merilis, setidaknya ada 5 kota di dunia yang bisa memenuhi semua asa tersebut. Berikut daftarnya seperti yang diberitakan cnbc.com

1 Wina, Austria

Wina adalah pusat budaya, ekonomi, dan politik di Austria. Negara ini memiliki PDB per kapita tertinggi di negara tersebut yaitu mencapai 55 ribu dolar As. Wina berhasil mentransformasi infrastruktur tua menjadi tempat tinggal yang modern. Tak heran bila pada 2010 lalu, Wina mendapatkan penghargaan perencanaan kota terbaik oleh PBB. Wina juga adalah tujuan utama pelaksanaan konferensi dan wisata. Setidaknya setiap tahunnya kota ini menarik 5 juta turis. Sayangnya, Wina tidak imun dengan krisis Eropa yang terjadi saat ini. 

2 Zurich, Swiss

 

Zurich dikenal dengan pusat finansial dunia. Negara ini memasang pajak yang rendah sehingga menarik banyak perusahaan luar negeri berinvestasi di kota tersebut. Setidaknya sekitar 82 bank berlokasi di kota ini danmewakili sekitar 85 persen total aset perbankan di Swiss. Kota ini juga menjadi tujuan wisata yang cukup terkenal, terutama wisata danau dan bukitnya. Zurich pun memiliki sistem pendidikan yang sangat baik. 

3 Aucland, Selandia baru

Aucland adalah kota unik yang terletak di antara dua pelabuhan dengan 11 gunung api yang sudah tidak aktif serta dikelilingi sejumlah pulau. Ini membuat Aucland menjadi kota dengan kepemilikan kapal terbanyak di dunia. Aucland menyumbang 35 persen PDB Selandia baru. Kota ini adalah rumah bagi orang-orang berpendidikan di Selandia Baru. Setidaknya 37 persen penduduknya adalah sarjana atau memiliki pendidikan lebih tinggi. 

4 Munich, Jerman 

Munich adalah kota ketiga terluas di Jerman dan salah satu pusat ekonomi di negara itu. Munich adalah rumah bagi sejumlah perusahaan besar dan terkenal dunia seperti Siemens dan Allianz. Kota ini berkontribusi sekitar 30 persen dari total PDB Jerman. Sekitar 50 persen penduduk di kota ini adalah orang asing. 

5 Vancouver, Kanada

Tidak seperti banyak kota di Kanada, Vancouver memiliki cuaca yang lebih hangat. Vancouver juga adalah kota paling hijau dengan jejak karbon terkecil di Amerika Utara. Kota ini dikelilingi oleh air dan pegunungan bersalju. Kota ini memiliki infrastruktur terbaik di dunia. Pemerintah kota sedang gencar-gencarnya mempromosikan bangunan, perencanaan kota, dan teknologi ramah lingkungan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement