Selasa 20 Nov 2012 11:30 WIB

Enam Musisi K-Pop yang Sukses Rambah AS (3-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Wonder Girls
Foto: tumblr
Wonder Girls

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Amerika Serikat (AS) selalu menjadi target utama debut internasional musisi-musisi dunia, termasuk Korea Selatan. Ada satu pola yang sama yang dilewati oleh sederet musisi Korea yang berhasil menembus pasar Paman Sam.

Pola itu adalah memasuki pasar Jepang. Dalam prinsip musisi-musisi Korea, jika seorang musisi ingin menembus pasar AS, maka mereka harus menaklukkan pasar Jepang terlebih dahulu. Itu lah yang mengakibatkan musisi-musisi seperti BoA, Rain, BigBang, 2NE1, dan Girls Generation bisa mencetak kesuksesan di AS. Ini juga yang mungkin menjadi alasan mengapa Se7en terbilang gagal untuk bertahan di industri AS.

YG Entertainment dan JYP Entertainment misalnya, dua manajemen besar Korea ini mewajibkan seluruh artisnya menguasai bahasa Jepang. Hal ini mereka lakukan agar penggemar lebih dekat dengan idola mereka. Berikut adalah bagian terakhir dari enam bintang K-Pop yang debut di AS sebelum Psy.

5. Wonder Girls

 

 

Wonder Girls menjadi grup Korea pertama yang menembus tangga lagu the Billboard Top 100. Grup asuhan JYP Entertainment ini menggunakan taktik berbeda, tak seperti BoA atau Se7en yang langsung melepas lagu hit berbahasa Inggris. Wonder Girls memilih menelurkan lagu hit berbahasa Korea yang dikemas dengan warna musik berbeda di AS.

Semuanya pasti mengetahui, bahkan pernah menyenandungkan lagu 'No Body.' Dengan lagu ini, Sunye, Ye Eun, Sohee, Yubin, dan Hyerim berhasil merebut hati penggemar K-Pop seluruh dunia. Mereka bahkan meneken kontrak beberapa tahun dengan Jonas Group, yang memopulerkan Jonas Brothers di AS.

6. Girls Generation

 

 

 

 

 

Februari lalu, Girls Generation menjadi berita utama dengan penampilan mereka yang mengejutkan di CBS "The Late Show with David Letterman Show" serta ABC's "Live! With Kelly." Grup beranggotakan sembilan orang gadis cantik ini juga tampil dalam wawancara NBC TV "Extra TV" yang menjadikan mereka sebagai musisi Korea pertama yang muncul di tiga stasiun televisi AS.

Girls Generation merilis lagu 'The Boys' yang berbahasa Inggris. Lagu ini diproduseri oleh Teddy Riley Black Street. Grup yang merupakan representasi Super Junior dalam formasi wanita ini memulai kancahnya di industri musik Korea pada 2009, berlanjut ke Jepang pada 2010. Untuk memuluskan langkah grup ini ke AS, manajemen mereka bahkan meluncurkan cabang SM Entertainment USA.

Nah, demikian enam musisi K-Pop yang sukses debut di AS sebelum Psy. Tahun ini, agaknya YG Entertainment mulai memanen artis-artisnya untuk menembus pasar dunia melalui konser tur dunia. Mereka adalah Psy, BigBang, dan 2NE1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement