Selasa 20 Nov 2012 10:15 WIB

Enam Musisi K-Pop yang Sukses Rambah AS (1)

Rain.
Foto: popseoul
Rain.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Park Jae Sang (Psy) menggebrak pasar musik dunia dengan lagu tunggalnya berjudul Gangnam Style. Popularitasnya bahkan mengalahkan presiden Amerika Serikat dan sekretaris jenderal PBB.

Akhir November ini, Psy akan merilis album debutnya di Amerika Serikat (AS). Album ini berisi sederetan lagu yang diciptakan oleh Psy. Namun, tahukah anda? Ada enam musisi top Korea Selatan yang telah sukses merambah AS sebelum Psy. Ini dia bagian pertamanya, dikutip dari Soompi, Selasa (20/11).

1. Rain

 

 

 

Rain atau Bi-Rain mungkin lebih dikenal dengan perannya sebagai Lee Young Jae pada serial populer Korea, Full House. Di sana, ia berakting bersama Song Hye Kyo. Sejak berperan difilm itu pada 2004, popularitas Rain mendadak meroket.

Pria bernama asli Jeong Ji Hoon ini benar-benar membuat langkah besar dengan menjadi musisi Korea Selatan pertama yang menginjakkan kaki di Madison Square Garden, New York. Tiket konsernya terjual habis dan melambungkan namanya merambah dunia akting Hollywood difilm blockbuster "Ninja Assassin" pada 2009.

Pria kelahiran 25 Juni 1982 ini juga tampil di Majalah Times sebagai satu dari "100 Most Influential People" pada 2006. Berikutnya pada 2007, di majalah sama, sebagai "Most Beautiful People in the World." Rain sejak 2002-2007 berada di bawah asuhan JYP Entertainment. Setelah itu, ia pindah ke J Tune Entertainment.

Rain merupakan penyanyi pria solo beraliran r&b dan hip hop. Ia dikenal sebagai penyanyi yang pandai menari. Rain juga model, sekaligus perancang busana. Ia memiliki brand stylenya sendiri dengan merek Six to Five.

2. Park Jin Young 

 

 

 

Park Jin Young lebih populer dengan nama JYP atau Jay Park. Dia adalah pemilik JYP Entertainment yang telah melahirkan Rain, Wonder Girls, 2PM, dan 2AM. Jay Park termasuk legendaris K-Pop yang ikut mengejutkan pasar AS.

Meski tak satupun singlenya dirilis di AS, tapi Jay Park membuat namanya lebih dikenal sebagai pencipta lagu terkemuka. Pria kelahiran 13 Desember 1972 ini bahkan pernah menuliskan lagu untuk penyanyi rap AS, seperti Mase dan Will Smith. Ia juga membangun jaringan bisnis mulai dari P Diddy R Kelly.

Lagu-lagu Jay Park antara lain Don't Leave Me, Elevator, She Was Pretty, Honey, Kiss, dan Your House. Mega hitsnya dinyanyikan oleh girlband asuhannya, Wonder Girls, yang berjudul No Body. Lagu ini sukses mendunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement