Rabu 07 Nov 2012 08:15 WIB

Wow, Negatif Foto Beatles Dilelang 50 Ribu Pound!

Foto cover album The Beatles 'Abbey Road' yang termasyhur itu.
Foto: telegraph.co.uk
Foto cover album The Beatles 'Abbey Road' yang termasyhur itu.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Setelah 42 tahun menghilang, negatif foto The Beatles yang berpose di Abbey Road ditemukan. Dan negatif-negatif ini akan dijual seharga 50 ribu poundsterling atau setara dengan Rp 768 juta.

Empat potongan negatif foto The Beatles yang tengah menyeberang di Abbey Road tersebut ternyata tersimpan selama lebih dari 40 tahun di laci lemari milik teman baik Iain Macmillan, seorang fotografer yang disewa untuk mengambil gambar tersebut pada 1969. Tidak ada yang menyangka negatif tersebut berada di sana selama bertahun-tahun.

Keempat negatif ini ditolak untuk menjadi cover album The Beatles yang menampilkan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr berjalan beriringan menyeberangi zebra cross di North London Street.

Di keempat negatif tersebut terlihat mereka berjalan dari dua arah yang berbeda. Dua negatif menunjukkan mereka berjalan dari kiri ke kanan, negatif lainnya menunjukkan Lennon dan kawan-kawan berjalan dari arah sebaliknya.

Darren Julien dari rumah lelang AS yang menjual negatif ini mengatakan semua orang berasumsi negatif ini telah hilang dari dunia. "Mereka tidak pernah terlihat selama lebih dari 40 tahun!" kata dia seperti dilansir laman The Sun, Rabu (7/11).

Keluarga teman Macmillan yang tidak disebutkan namanya itu berniat untuk menjual negatif foto tersebut sebagai bagian dari kekayaan mereka. Julien mengatakan keluarganya sebetulnya mengetahui lelaki ini memilikinya. Namun ia tidak ingin menyingkirkannya selama ia masih hidup. Kini sahabat Macmillan telah meninggal dan keluarganya berhak atas negatif itu.

Foto Abbey Road diklaim bukan hanya menjadi sejarah bagi The Beatles, namun juga sejarah untuk rock and roll.

Foto tersebut diambil pada 8 Agustus 1969 untuk keperluan foto cover album terbaru The Beatles. Paul McCartney menemukan ide foto ini dan meminta Macmillan untuk mengambil gambar. Macmillan hanya memerlukan waktu 10 menit untuk mengambil foto tersebut.

Negatif warna yang berukuran 3x2,5 inchi ini akan dijual di Los Angeles pada 1 Desember mendatang. Apakah di antara anda ada yang berminat?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement