Kamis 30 Aug 2012 10:03 WIB

Inilah 4 Hal Pemicu Susah Tidur

Rep: Wachidah Handasah/ Red: Endah Hapsari
insomnia (ilustrasi)
Foto: ap
insomnia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Susah tidur bisa dipicu oleh berbagai hal. Namun, bila dikelompokkan, setidaknya ada empat hal yang memicu sulit tidur. Berikut di antaranya:

Pertama, sulit tidur yang disebabkan oleh kelemahan fungsi limpa. Menurut istilah akupunkturnya adalah lemahnya sistem peredaran energi vital (chi) dan darah. Orang yang mengalami jenis sulit tidur seperti ini biasanya tidurnya terganggu, jantung berdebar, ingatan lemah, susah makan, nadinya lemah dan kecil.

Kedua, sulit tidur karena tidak adanya hubungan harmonis antara ginjal dan jantung. Gejala susah tidur jenis ini akan disertai dengan pusing, kuping berdengung, pinggang sakit, keluar sperma yang tidak terkontrol (kalau pada perempuan keputihan) dan nadinya cepat.

Ketiga, sulit tidur karena ''api lever'' menyala. Jenis sulit tidur ini biasanya karena depresi mental dan emosional (sangat sensitif). Biasanya disertai dengan sakit kepala, daerah rusuk sakit, nadinya tegang dan kecil.

Keempat, sulit tidur karena gangguan pada lambung. Biasanya, orang yang menderita susah tidur jenis ini, daerah dada dan lambungnya terasa penuh, perut kembung dan nadinya bertenaga. Diakui akupunkturis berusia 60 tahun ini, cukup banyak pasien yang datang padanya dengan keluhan sulit tidur. Dan terapi akupunktur yang ia terapkan untuk menangani pasien, hasilnya ia akui bagus. ''Hasil itu bagus selama saya dan pasien bisa melakukan komunikasi yang lancar dan pasien jujur mengungkapkan masalahnya.''

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement