Rabu 22 Aug 2012 09:29 WIB

Wuih, Ada Promosi Wisata Matahari, Mau?

Matahari (ilustrasi)
Foto: jizzflame.blogspot.com
Matahari (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK SIKAPING---Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menggandeng sejumlah biro perjalanan dan asosiasi perhotelan untuk mempromosikan wisata kulminasi matahari di Bonjol, Pasaman.

"Kerja sama dengan pemilik hotel atau biro perjalanan diharapkan menjadikan kunjungan wisata saat perayaan kulminasi matahari pada September 2012 meningkat," kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disporabudpar Pasaman Ricky Riswandi.

Dia menyebutkan, kerja sama yang dilakukan tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Pasaman dalam meningkatkan kunjungan wisata serta promosi kawasan pariwisata di daerah itu.

Ia mengatakan, puncak kegiatan pariwisata peringatan kulminasi matahari di Pasaman pada september ini akan dihelat selama seminggu yang berlangsung 20-27 September di objek wisata Tugu Equator Bonjol.

Dalam perhelatan tersebut rencananya dilengkapi dengan kegiatan seperti bazar, atraksi kesenian dan kebudayaan Minangkabau, termasuk kesenian asl Pasaman.

Selain itu, acara wisata kulminasi matahari juga akan dimeriahkan sejumlah group Band, termasuk Band papan atas Indonesia.

"Kami mengemas rangkaian acara yang cukup besar pada peringatan kulminasi matahari kali ini," kata dia.

Kerja sama dengan perhotelan dan biro perjalanan diharapkan mampu mempromosikan wisata kulminasi matahari di Pasaman.

"Tujuannya tak lain agar masyarakat luar daerah mengetahui bahwa Kabupaten Pasaman juga layak dijadikan destinasi wisata unggulan di Sumbar," kata dia.

Menurut dia, untuk menyaksikan fenomena alam kulminasi matahari hanya dapat dilihat di daerah tertentu saja.

Selain di Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman, kulminasi matahari juga bisa dilihat dari Pontianak, Kalimantan Barat.

"Ini peluang bagus yang dimiliki Pasaman dalam meningkatkan potensi pariwisata," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement