Jumat 22 Jun 2012 08:58 WIB

Agar Anak Mau Coba Makanan Baru, Berikut Kiatnya

Anak Makan Ikan (ilustrasi)
Foto: Republika/Amin
Anak Makan Ikan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Tak mudah untuk membuat anak kita mau mencoba aneka makanan baru. Biasanya, anak-anak terutama balita hanya ingin menyantap jenis makanan yang disukainya saja. Untuk para orangtua, jangan mudah menyerah. Tetaplah bertekad untuk mengenalkan aneka makanan pada buah hati Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Jangan katakan, 'Sepertinya kamu tidak akan menyukai ini.'

Bila mengatakan ini, sama artinya Anda menyangsikan keinginan anak untuk mencoba makanan yang baru. Tanpa disadari orangtua kerap menawarkan makanan seraya 'menghakimi' bahwa anak kita akan tidak menyukai makanan itu.

Jangan menyerah

Sadarilah bahwa anak kita akan berpikir dirinya akan membenci banyak hal baru. Namun, tugas orangtua adalah tak peduli dengan fakta itu dan terus mencoba. Persis seperti hiu.

Mulailah dengan porsi kecil

Ketika mencoba makanan baru seperti ikan, anak-anak biasanya akan langsung curiga dan tak suka. Apalagi jika porsinya langsung sepiring besar atau semangkuk penuh, hasilnya bisa ditebak adalah penolakan mentah-mentah. Jadi, berikan dulu dalam jumlah sedikit.

Cuek saja

Kendati anak terus menolak, sebaiknya jangan masukkan dalam hati. Cobalah terus, namun jangan mengiba-iba. Biasanya ketika anak tahu bahwa Anda ingin mereka melakukan sesuatu, mereka biasanya akan menolak terus.

Lakukan 'tekanan teman sebaya'

Namun, tekanan ini dengan tujuan positif. Ajaklah anak lain untuk makan bersama. Anak yang hobi pilih-pilih makanan biasanya akan lebih mau mencoba agar tampak keren di depan teman-temannya.

Selamat mencoba...

sumber : parenting.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement