Jumat 15 Jun 2012 22:12 WIB

Afgan dan Smash Raih Nominasi Terbanyak AMI Award 2012

Rep: m akbar/ Red: Taufik Rachman
Afgan Syahreza
Foto: Antara/Septianda Perdana
Afgan Syahreza

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Afgan dan  Smash menjadi nominator terbanyak dalam perhelatan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Award 2012. Afgan tercatat memperoleh lima nominasi. Sementara Smash membayanginya dengan empat nominasi.

Selanjutnya nama-nama seperti Agnes Monica, Raisa, Kotak dan kelompok vokal Cherrybelle masing-masing memperoleh tiga nominasi.

Ketua Umum Yayasan AMI, Tantowi Yahya, mengatakan untuk memberi bobot anugerah pihaknya melakukan penghitungannya dengan melibatkan akuntan publik. ''Untuk penghitungan dari hasil tabulasi nominasi ini nantinya dilakukan oleh lembaga independen. Kita berharap hal ini untuk tidak ada kecurangan,'' katanya di Jakarta, Jumat (15/6).

Tantowi menjelaskan, untuk sistem penilaian dalam AMI Award mengadopsi pada sistem dari National Academy of Recording Arts and Sciences (Naras). Akademi ini merupakan sistem penilaian yang digunakan pada ajang bergengsi Grammy Awards.

Sementara itu Seno M Hardjo, penanggungjawab kategorisasi dan penjurian AMI Awards, menjelaskan pada tahun ini ada 46 kategori dan sembilan bidang. Untuk total tropi yang disediakan ada sebanyak 61.

Seno mengatakan, pada tahun ini pihaknya memberikan penilaian hampir semua genre musik. ''Mulai dari musik pop, reggae, R&B, Rock n blues hingga apresiasi kepada musik indie,'' ujarnya.

Berdasarkan data nominasi AMI Awards 2012 ini, Afgan menempatkan namanya pada kategori Artis Solo Pria Terbaik, lagu pop pertama kali terekam dan dipasarkan secara umum. Kategori lainnya, Afgan juga masuk ke dalam nominasi produser album rekaman terbaik serta artis penampil dan produser atas satu buah karya bersama terbaik.

Pada kategori artis solo pria terbaik, Afgan bakal bersaing dengan Iwan Fals, Marcell, Once, Sandhy Sondoro, dan Vidi Aldiano. Sedangkan pada kategori artis solo wanita terbaik, Agnes memperoleh saingan dari Astrid, Gita Gutawa, Raisa, dan Syahrini.

AMI Awards tahun ini mengusung tema 'Dedikasi untuk Musik Indonesia. Ajang ini akan menggelar acara malam puncaknya di Isatora Senayan Jakarta pada 4 Juli mendatang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement