Rabu 06 Jun 2012 10:06 WIB

Ini Dampak Negatif Anak Kecanduan Gadget

ilustrasi
Foto: Digital Trend
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Orangtua sebaiknya waspada pada anak yang sejak kecil sudah kecanduan gadget. Perilaku tersebut ternyata memiliki sejumlah dampak negatif. 

Psikolog anak Ratih Andjayani Ibrahim pada sebuah acara peluncuran program pendidikan dan kesehatan di Jakarta, Selasa (5/6) mengatakan bahwa anak yang sejak kecil memiliki ketergantungan pada gadget cenderung memiliki relasi yang kurang baik dengan orang tuanya.

"Rasa adiksi anak pada gadget, dapat membuatnya bosan dan sulit berkonsentrasi pada dunia nyata, terutama untuk mendengarkan orang tuanya," ujar Ratih.

Ratih mengatakan bahwa adiksi pada gadget membuat anak-anak sampai bingung dan galau bila tidak ada gadget, padahal ini hanyalah sebuah benda yang mereka belum benar-benar membutuhkannya.

Namun faktanya, pada saat ini kita hidup dalam era teknologi dan sulit untuk menjauhkan gadget dari anak-anak.

"Kalau kita jauhkan gadget dari anak-anak, nanti mereka jadi ketinggalan zaman. Namun ada cara untuk membuat anak-anak tidak adiksi terhadap gadget," ujar Ratih.

Ratih mengatakan, supaya orang tua dapat mengajari anak dan jelaskan kapan waktu yang tepat untuk mereka boleh menggunakan gadget.

"Anak tidak akan adiktif kepada gadget, bila orang tua mampu memberikan kualitas waktu yang baik untuk anak-anaknya," kata Ratih.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement