Sabtu 12 May 2012 11:56 WIB

Optimalkan Masa Tumbuh Kembang Anak Lewat Nutrisi

Rep: Meliani Fauiziah/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Usia bayi hingga tiga tahun ialah Periode Emas. Optimalkan tumbuh kembang anak dengan stimulasi dan makanan kaya nutrisi
Foto: essentialbaby.com.au
Usia bayi hingga tiga tahun ialah Periode Emas. Optimalkan tumbuh kembang anak dengan stimulasi dan makanan kaya nutrisi

REPUBLIKA.CO.ID, Proses tumbuh-kembang anak dimulai sejak 3 bulan dalam kandungan setelah sel-sel janin terbentuk. Fase ini terus berlangsung hingga anak berumur 3 tahun. Inilah masa-masa yang biasa disebut dengan Golden Periode.

Pada masa ini anak membutuhkan nutrisi dan stimulasi yang tepat agar otak berkembang maksimal. Nutrisi terbaik yang dapat diberikan pada anak adalah Air Susu Ibu. Bayi dengan asupan ASI yang prima terbukti memiliki kemampuan yang jauh berbeda dibandingkan bayi tanpa ASI.

Kemampuan itu meliputi visual, intelegensia, dan pertumbuhannya. "Hal ini bisa terjadi karena ASI mengandung kolostrum yang kaya antibodi, sel darah putih, laktasif, dan kaya vitamin A," kata Dr. Ommy Ariansih, Sp. A dari Rumah Sakit Islam, Jakarta, Sabtu (12/05).

Setelah lewat masa enam bulan, bayi sebaiknya diberikan makanan pengganti ASI yang juga kaya nutrisi. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti fruktosa. Bahan ini bisa didapat dari buah-buahan, protein, lemak, vitamin C, E, B dan air yang cukup.

Ibu menyusui juga disarankan mengkonsumsi makanan yang bisa memicu fungsi otak, yaitu yang mengandung zat besi, DHA (Omega 3) dan AA (Omega 6). Termasuk makanan yang mengandung bahan-bahan ini adalah ikan, telur, dan daging.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement