Kamis 02 Feb 2012 09:33 WIB

Lewat Facebook, Kembar Indonesia di Swedia yang Berpisah 30 Tahun Bertemu

Facebook
Foto: antaranews.com
Facebook

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON---Inilah kekuatan dari Facebook. Berkat situs jejaring sosial, pasangan kembar asal Indonesia yang terpisah hampir 30 tahun bertemu lagi.

Dalam kisah yang dimuat harian Inggris, The Telegraph, terungkap, kisah dua perempuan kembar Indonesia, Emilie Falk dan Lin Backman, yang diadopsi secara terpisah oleh pasangan Swedia.

Disebutkan, keduanya diadopsi dari sebuah panti asuhan di Semarang oleh pasangan Swedia, namun tidak disebutkan dalam salah satu dari dokumen adopsi itu bahwa mereka punya saudara kembar.

Sebenarnya, Backmans sempat bertemu dan kontak dengan Falks beberapa kali ketika masih anak-anak. Namun, karena mereka adalah saudara kembar non-identik dan banyaknya perbedaan dalam surat adopsi seperti nama ayah yang berbeda, membuat mereka percaya bahwa mereka tidak mempunyai hubungan. Pada saat itu tidak ada tes DNA dan akhirnya keluarga kehilangan kontak.

Belakangan, ketika Emilie Falk menikah dua tahun lalu, dia mulai berpikir tentang keluarganya dan adopsi. "Ketika saya bertanya kepada ibuku, dia menceritakan kisah ini lagi, dan saya memutuskan untuk mencari Lin," kata Falk.

Dengan berbekal nama kecil saudaranya, gadis yang diadopsi oleh keluarga Swedia melalui jaringan untuk anak-anak Indonesia itu akhirnya menemukan Backman melalui Facebook.

Dia mengirimkan pesan tentang hari ulang tahunnya dan nama ibu kandung. Backman menuliskan, ''Wow, itu nama ibu saya juga dan itulah hari ulang tahunku."

"Saya lahir pada tanggal 18 Maret 1983 di Semarang dan nama ibu kandung saya adalah Maryati Rajiman," kata Falk.

Setelah itu keduanya akhirnya menyadari ada banyak kesamaan di antara mereka. Hingga akhirnya, mereka memutuskan untuk melakukan tes DNA. Dari hasil tes DNA mengukuhkan bahwa ada kemungkinan 99,98 persen keduanya bersaudara.

Seperti yang sering diceritakan dalam kisah-kisah kembar yang telah terpisah, si kembar menemukan banyak kebetulan dalam hidup mereka.

Mereka tinggal hanya 40 kilometer terpisah di bagian paling selatan Swedia, mereka berdua guru, dan mereka menikah pada hari yang sama hanya satu tahun terpisah. Bahkan, mereka berdansa dengan lagu pernikahan yang sama: " "You and Me" oleh Lifehouse."Ini benar-benar aneh," kata Falk.

"Ketika Lin menelepon saya (dengan hasil tes DNA), saya ingat saya sedang duduk di mobil dan ketika dia mengatakan bahwa saya mulai tertawa, karena merasa sangat aneh," katanya, menambahkan: "Saya tiba-tiba mulai berpikir bahwa kita berbagi rahim. Itu benar-benar aneh, tapi benar-benar keren juga."

Sejak itu kedua telah terus berhubungan dekat, dan telah merencanakan pergi ke Indonesia untuk mencari orang tua biologis mereka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement