Kamis 27 Oct 2016 08:59 WIB

Chitra Subiyakto Rilis Koleksi Baru Lewat Zalora

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Chitra Subiyakto, desainer label Sejauh Mata Memandang, mengeluarkan lini kedua bernama SMM untuk dipasarkan lewat Zalora.
Foto: ist
Chitra Subiyakto, desainer label Sejauh Mata Memandang, mengeluarkan lini kedua bernama SMM untuk dipasarkan lewat Zalora.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chitra Subiyakto, perancang kostum yang kini memiliki label Sejauh Mata Memandang, berkolaborasi dengan Zalora untuk pertama kalinya. Kolaborasi keduanya akan dipamerkan dalam pagelaran busana di Jakarta Fashion Week (JFW), Kamis (27/10) malam.

Ada sekitar 16 tampilan yang akan dihadirkan Chitra dalam pagelaran tersebut. Konsep yang ditawarkan adalah padu padan. Untuk koleksinya kali ini, Chitra mengeluarkan label baru SMM, sebagai lini kedua dari Sejauh Mata Memandang.

Koleksinya terinspirasi dari dari alam, dari flora. Kala itu, Chitra sedang berkunjung ke Candi Borobudur, candi ini memiliki relief yang terdapat orang, pohon, dedaunan dan binatang. Ia terinspirasi dari dinding batu candi. Ia mengambil gambar pemandangan tersebut dan menjadikannya ide motif dalam koleksi terbarunya ini. “Ada yang bentuknya kaya mangga, daun lontar, daun yang ada di sana,” ujarnya kepada Republika.co.id.

Lini keduanya dijelaskan Chitra berbeda dengan Sejauh Mata Memandang. Walaupun keduanya tetap buatan tangan, tapi Sejauh Mata Memandang semuanya menggunakan wax, malam, batik tulis dan cap. Sedangkan SMM, menggunakan handprint atau sablon tangan agar lebih bisa diterima pasar Zalora.

“Tetap pakai tangan, kita senang yang ada manusianya, karena SDM sangat banyak, kalau pakai mesin semua kasihan manusianya,” ujarnya.

Menurutnya hasil print warnanya lebih pasti tidak mungkin bergeser, kalau tangan semuanya tergantung tangan juga cuaca. Hasilnya tidak sempurna seperti dengan mesin. “Karena ketidaksempurnaannya saya lebih senang, sempurna itu membosankan, lihat orang cantik, cantik saja, kalau melihat orang menarik kan bisa dari sisi ini, sisi ini, kita tetap gunakan yang ada manusianya, tetap bantu mereka,” ujarnya.

Untuk segi warna, yang akan ditampilkan adalah warna kunyit, hijau botol, keduanya akan dipadukan. “Saya hadirkan warna alam, hijau daun, warna kunyit itu lebih dalam,” ujarnya.

Sementara untuk bahan, akan digunakan katun sutra supaya lebih nyaman karena memang koleksi Chitra mengedepankan kenyamanan. ”Saya tidak cocok dengan beauty is pain, saya cocok dengan sesuatu yang sangat nyaman,” tambahnya.

Koleksinya ini akan langsung bisa dibeli di Zalora setelah pergelaran busana di JFW. Untuk segi harga tentu dibawah produk Sejauh Mata Memandang, untuk SMM, harga berkisar Rp 300 ribu sampai Rp 900 ribu. Lengkap ada outer, atasan, bawahan, juga scarf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement