Senin 11 Sep 2017 12:07 WIB

Ada Zona Menara Eiffel di Taman Pintar

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Esthi Maharani
Taman Pintar Yogyakarta
Foto: WisataYogya
Taman Pintar Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Taman Pintar kembali menghadirkan zona baru sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan pengembangan wawasan di bidang teknologi khususnya di bidang teknologi kontruksi. Zona tersebut adalah zona Jelajah Menara Eiffel yang diresmikan pada Senin (11/9).

Zona ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dengan Institut Francais Indonesia (IFI). Peresmian dilakukan oleh Wakil Walikota Yogyakara Heroe Poerwadi   bersama dengan Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet.

Heroe mengatakan, zona Jelajah Menara Eiffel ini merupakan bukti nyata atas adanya peningkatan kerja sama antar Pemkot Yogya dan Pemerintah Perancis. "Semoga kerja sama ini juga dapat kian mempererat hubungan yang telah terjalin selama ini," kata Heroe.

Selain kerja sama ini, lanjut dia, telah banyak kerja sama lainya yang telah dilakukan. Seperti kerja sama pertukaran kebudayaan, beasiswa pelajar, teknik dan konsultasi pembangunan, serta hubungan perdagangan dan industri. Untuk penambahan zona di Taman Pintar ini merupakan wujud kerja sama di bidang pendidikan.

 

"Zona ini berisi tentang informasi detail dan sejarah dari menara Eiffel," ujarnya. Selain itu, zona ini juga menyajikan berbagai informasi mengenai negara Perancis dari berbagai aspek.

Kini, total zona yang terdapat di Taman Pintar adalah sebanyak 53 zona yang dilengkapi denga 1.327 alat peraga. Seluruh zona dan alat peraga itu dihadirkan demi menjadi sarana pendidikan yang atraktif sehingga dapat lebih menarik bagi para pelajar. Menurutnya, kehadiran Taman Pintar ini merupakan wujud komitmen Pemkot dalam menghadirkan ruanh publik yang atraktif, mendidik dan mencerdaskan.

Zona Menara Eiffel di Taman Pintar dimulai dengan penggambaran bernuansa Eiffel, foto dari tahapan pembangunan Menara Eiffel, Sejarah Menara Eiffel serta proyektor yang berisi pengetahuan tentang Menara Eiffel, kontruksi Menara dan proses pembangunannya. Zona Jelajah Menara ini semakin memperkaya zona dan alat peraga di Pintar, dan merupakan bentuk komitmen Taman Pintar untuk terus menghadirkan layanan fasilitas pendidikan yang terbaik demi tercapainya literasi sains di tengah masyarakat dan menjadi science center Kota Yogyakarta

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement