Selasa 09 Nov 2010 06:35 WIB

Musik Klasik Mampu Tekan Kriminalitas?

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON--Mengapa angka kejahatan jalanan di Wellington, Selandia Baru rendah? Publik setempat meyakini, musik klasik yang diperdengarkan melalui pengeras suara yang dipasang di pojok-pojok kotalah penyebabnya. Musik klasik diyakini secara dramatis mampu menurunkan angka kriminalitas di kota kedua terbesar di Negeri Kiwi ini.

Manajer Asosiasi Bisnis Pusat Kota Wellington, Paul Lonsdale , menyatakan, memperdengarkan musik klasik dari komposer seperti Mozart mampu meruduksi kasus-kasus anti-sosial dalam masyarakat. Ia  mencontohkan kasus yang terjadi di Christchurch's City Mall. Bila pada tahun 2008 angka kejahatan tercatat sebanyak 86 kasus perminggu, maka kini rata-rata hanya ada dua kasus perminggu.

Ia menyebut musik klasik melegakan, baik bagi pengunjung maupun pengelola mal. "Sangat nyaman saat ini. Pengunjung duduk di area istirahat karena mereka merasa aman," ujarnya pada wartawan.

Ide yang muncul dari kepolisian Wellington ini diacungi jempol banyak orang. Kepala kepolisian Wellington, Sersan Senior Gordon Spite menyatakan musik menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perilaku baik.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement