Sabtu 30 Oct 2010 05:19 WIB

Franky Sahilatua, Dapat Anugerah Lifetime Achievement SCTV Awards 2010

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Endro Yuwanto
Franky Sahilatua
Foto: okezone.com
Franky Sahilatua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Penyanyi Franky Sahilatua mendapat anugerah Lifetime Achievement SCTV Awards 2010, yang diberikan SCTV pada acara SCTV Awards 2010 di Jakarta, Kamis malam (28/10).

Penyanyi kelahiran Surabaya, Jawa Timur 16 Agustus 1953 kini sedang terbaring sakit karena penyakit kanker sumsum tulang belakang dan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit National University Singapura.

Anugerah itu diberikan SCTV karena dedikasi penyanyi dan pencipta lagu balada pada panggung kesenian Indonesia. Sejak tahun 1990-an hingga sekarang, Franky banyak terlibat dalam aksi-aksi panggung bertema sosial dan nasionalisme. Ia aktif terlibat dalam masa peralihan politik dari Orde Baru menuju Reformasi, penentangan RUU APP, serta gerakan anti globalisasi.

Penyanyi bernama lengkap Franky Hubert Silahatua ini, namanya dikenal publik sejak paruh kedua dekade 1970-an, ketika ia berduet bersama adiknya, Jane Sahilatua, dengan nama Franky & Jane. Duet ini sempat menghasilkan lima belas album.

Setelah duet berakhir, karena Jane kemudian menikah dan hendak memusatkan diri pada keluarga, Franky lebih banyak bersolo karier.

Lirik lagu karya Franky pada masa Franky & Jane cenderung pada pemujaan alam pada awalnya, misalnya pada lagu 'Musim Bunga' dan 'Kepada Angin dan Burung'. Namun demikian, seperti kebanyakan penulis lagu balada lain, Franky gemar pula 'bercerita' mengenai kehidupan orang sehari-hari, seperti 'Perjalanan' atau 'Bus Kota'. Franky juga pernah menulis dan menyanyikan lagu-lagu soundtrack untuk film 'Ali Topan'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement