Jumat 20 Aug 2010 05:43 WIB

Orang Inggris Buang Waktu dengan Nonton TV dan Ponsel

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--Warga Inggris menghabiskan hampir setengah waktu di luar jam tidurnya dengan menonton TV dan menggunakan telepon seluler atau perangkat komunikasi lain. Tapi mereka mengeluarkan uang lebih sedikit untuk membiayai kegiatan tersebut, menurut pengawas media Ofcom pada Rabu.

Pada saat bangun, rata-rata orang Inggris menghabiskan 45 persen waktunya untuk menggunakan media atau alat komunikasi lainnya, berdasar hasil temuan riset Ofcom itu. Mereka juga rata-rata menggunakan lebih dari satu alat pada satu waktu yang sama, memangkas delapan jam dan 48 menit penggunaan media menjadikan lebih dari tujuh jam di siang hari.

"Untuk pertama kali kami bisa melihat bagaimana media dan komunikasi menjadi hal penting dalam hidup kita," kata Peter Phillips dari Strategy Market Developments, yang merupakan mitra Ofcom dalam riset.

Ketika penggunaan bertambah, harga-harga cenderung turun, menurut laporan komunikasi pasar tahunan Ofcom terkait industri televisi, radio, telekomunikasi dan internet di Inggris.

Pengeluaran bulanan rumah tangga untuk jasa komunikasi telah turun 9,4 persen menjadi 91,24 poundsterling selama lima tahun terakhir, terutama dikarenakan orang-orang lebih memilih barang-barang yang didiskon.

Penelitian itu menyebutkan bahwa popularitas "smartphone" yang meningkat, terutama pada mereka yang berusia di bawah 25 tahun, turut menaikkan penggunaan komunikasi dan memungkinkan orang untuk melakukan hal yang berbeda sekaligus.

Angka pengguna "smartphone" meningkat 81 persen dari 7,2 juta menjadi 12,8 juta orang pada tahun yang sama hingga Mei 2010, dan angka penggunaan internet melalui ponsel naik dari 9 juta menjadi 13,5 juta pada tahun lalu. Konsumen yang lebih tua juga melakukan hal yang sama, dengan lebih dari setengahnya yang berusia 55 tahun -- kelompok usia yang paling cepat berkembang-- menggunakan jasa internet "broadband" di rumah.

Pengguna juga kini mengirimkan pesan empat kali lipat lebih banyak dalam sehari dibandingkan tahun 2004 dan menghabiskan nyaris seperempat waktu "online" pada situs jejaring sosial, dan Facebook adalah yang paling populer sejauh ini, kata Ofcom. Media tradisional juga masih populer, dengan angka rata-rata orang yang menonton TV dalam sehari selama tiga jam dan 45 menit. Mendekati seperempatnya juga orang yang membeli Televisi HD (High Definition) dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

"Kaum muda telah menunjukkan perubahan terbesar dalam penggunaan media -- terutama dengan menggunakan media yang berbeda pada saat yang sama,"kata Phillips. "Tetapi perbedaan cara penggunaaan teknologi antara kalangan muda dan tua ini mulai menyempit karena sebagian kalangan tua sudah bisa online dan menyadari hal-hal penting bagi mereka seperti email.

sumber : ant/reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement