Ahad 05 Feb 2023 19:44 WIB

Fakta Unik Restoran Wendy's yang tak Diketahui Banyak Orang

Wendy ternyata bukan nama asli dari putri pendiri restoran Wendy's.

Red: Qommarria Rostanti
Enam fakta unik tentang restoran cepat saji Wendy's yang tak diketahui banyak orang. (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Charlie Neibergall, File
Enam fakta unik tentang restoran cepat saji Wendy's yang tak diketahui banyak orang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat membicarakan restoran cepat saji, Wendy's menjadi salah satu di antaranya. Wendy's pertama kali didirikan oleh Dave Thomas pada 1969 di Columbus, Ohio, Amerika Serikat (AS). 

Di Indonesia, Wendy's mungkin kalah pamor dengan restoran cepat saji sejenis lainnya. Namun di AS, ada lebih dari 5.800 gerai Wendy's. Di sana, Wendy's menjadi restoran cepat saji dengan penjualan terbanyak kedua, terpat di belakang McDonald's. 

Baca Juga

 

Uniknya, ada enam fakta unik tentang Wendy's yang tak banyak diketahui orang. Berikut penjelasannya seperti dilansir laman Eat This Not That, Jumat (3/2/2023) waktu setempat:

 

1. Wendy bukan nama sebenarnya putri pendiri

Banyak orang menganggap pendiri Wendy's, Dave Thomas, menamai restoran tersebut dengan nama asli putrinya. Tidak banyak tahu bahwa nama asli putrinya bukan Wendy, melainkan Melinda Thomas.

Menurut cerita, Thomas awalnya bingung mempertimbangkan di antara nama anaknya yang akan dijadikan nama restoran. Suatu ketika, anak bungsu Thomas salah memanggil Melinda dengan sebutan Wenda. Maka yang akhirnya nama tersebut yang dipakai dan diubah sedikit menjadi Wendy.

2. Pendiri menyesali nama itu

Dalam sebuah wawancara pada 2019 untuk memperingati ulang tahun ke-50 Wendy's, Wendy Thomas mengungkapkan, sebelum ayahnya meninggal pada 2002, dia mengatakan menyesal menamai rantai makanan cepat saji itu dengan namanya. "Dia berkata, 'Kamu tahu? Maaf.' Saya bertanya kepadanya apa maksudnya. Dia menjelaskan, 'Seharusnya saya menamainya dengan nama saya sendiri, karena itu memberi kamu banyak tekanan'," kata Wendy menirukan ucapan ayahnya.

3. Gambar ikonik yang menjadi logo Wendy's

Wendy mengungkapkan, ide ayahnya untuk gambar ikonik restoran itu terjadi secara spontan. Suatu hari, Dave Thomas berkata kepada Wendy, "Wendy, tarik rambut kuncirmu."

"Jadi, saya melakukannya. Dia mengambil kameranya dan mengambil foto saya dan saudara perempuan saya dan berkata, 'Ya, itu akan menjadi hamburger gaya lama Wendy. Itu dia'," ujarnya.

4. Menu chili terbuat dari potongan hamburger sisa

Chili ada di menu Wendy's yang pertama. Meskipun chili telah dihilangkan karena dibuat dari potongan hamburger sisa, situs web Wendy menegaskan bahwa inilah yang diinginkan oleh pendiri Dave Thomas.

"Dave Thomas tahu hamburgernya memiliki umur simpan yang lebih pendek. Dia bahkan bertanya pada dirinya sendiri, 'Apa yang kamu lakukan dengan sisa hamburger?' Jawabannya sederhana: gabungkan daging sapi yang kami gunakan untuk hamburger dengan sayuran, cabai, dan sejumput bumbu," kata dia.

5. Dave Thomas tidak lulus sekolah menengah

Pendiri Wendy's, Dave Thomas, tidak menyelesaikan sekolah menengah. Namun, dia mendapatkan GED atau tes pengembangan umum (setara sekolah menengah) pada usia 61 tahun. Meskipun jaringan restorannya menjadi sukses besar, dia tidak ingin dikenal sebagai sosok yang putus sekolah. Dave Thomas bahkan menganggapnya sebagai salah satu kesalahan terburuk yang dia buat dalam hidup, menurut Business Insider.

6. Burger persegi punya pesan rahasia

Wendy's terkenal dengan roti berbentuk persegi yang unik. Thomas punya beberapa alasan cerdas untuk memilih burger persegi dibandingkan patty bundar. Pertama, burger persegi menggantung di sisi roti dan terlihat lebih besar. Kedua, pengunjung dapat melihat daging sapi berkualitas tinggi. Dan ketiga, burger berbentuk persegi menunjukkan pihak restoran tidak mengambil jalan pintas dengan memotong bagin ujung daging.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement