Rabu 22 Feb 2023 22:03 WIB

Fakta Unik KFC yang Belum Diketahui Banyak Orang

Begitu banyak kisah yang telah diceritakan tentang KFC dan resep ayam gorengnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Sebuah restoran KFC. Setidaknya ada enam fakta unik tentang KFC yang belum diketahui banyak orang. (ilustrasi)
Foto: AP Photo/Mark Lennihan
Sebuah restoran KFC. Setidaknya ada enam fakta unik tentang KFC yang belum diketahui banyak orang. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan cita rasa ayam goreng KFC. Namun ada beberapa hal menarik yang mungkin belum Anda ketahui tentang restoran cepat saji yang sudah berusia 70 tahun ini.

Begitu banyak kisah yang telah diceritakan tentang KFC dan resep ayam gorengnya yang terkenal sehingga sulit untuk memisahkan fiksi dan fakta. Meskipun sebagian orang mungkin tahu tentang Colonel Sanders, tapi masih ada yang mengira dia hanya karakter fiksi. Harland David Sanders, pria paruh baya yang wajahnya tergambar di bucket ayam KFC adalah sosok nyata yang mendirikan KFC.

Baca Juga

Sanders mulai menjual makanan kepada para pelancong dari sebuah pom bensin di Kentucky. Dia lalu menjadi populer di kalangan pelancong karena menjual makanan yang simpel seperti ham, okra, biskuit, hingga kacang panjang. Pada 1939, ia menemukan bahwa penggunaan panci presto dapat menyempurnakan ayam gorengnya, yang dibalut dengan resep rahasia yang terdiri dari 11 bumbu dan rempah-rempah.

Supaya tak penasaran, berikut beberapa fakta unik tentang KFC yang tidak banyak diketahui konsumen, seperti dilansir Eat This Not That, Selasa (21/2/2023).

 

1. Gambar ikonik ini menjadi subjek meme yang lucu

Hampir semua orang dapat mengenali gambar hitam-putih dari sang kolonel yang tersenyum dengan dasi keren. Para penikmat KFC sering kali mengatakan bahwa anak-anak mereka berpikir bahwa dasi kupu-kupu Sanders sebenarnya adalah tubuh yang kecil.

2. KFC pernah kolaborasi dengan Crocs

Bukan hal aneh jika rantai makanan cepat saji meluncurkan produk atau bahkan seluruh lini merchandise untuk para penggemar setia. Pada 2020, KFC bekerja sama dengan perusahaan sepatu terkenal, Crocs, untuk menciptakan sepatu clog klasik dan sepatu clog bucket 4,5 inci.

Sepatu ini memiliki desain ayam goreng yang dicetak di bagian atasnya, bersama dengan Jibbitz (permata/dekorasi khas Crocs) yang dapat dilepas. Jibbitz terlihat persis seperti drumstick dan beraroma ayam goreng.

3. Colonel Sanders membidik (dengan pistol) pesaing bisnisnya

Menurut History, Sanders telah mengecat papan iklan di gedung-gedung yang jaraknya berpuluh-kilometer dari restorannya di pom bensin sebagai bagian dari promosi. Matt Stewart, yang mengelola pom bensin lokal lain, mulai mengecat papan iklan miliknya. Ketika Sanders mengetahuinya, ia bergegas menghentikannya, ditemani oleh dua eksekutif Shell.

Menurut buku Josh Ozersky berjudul Colonel Sanders and the American Dream, Stewart mengambil pistolnya dan secara fatal menembak manajer distrik Shell, Robert Gibson.

Sanders membalas tembakan dan melukai Stewart di bagian bahu. Stewart dijatuhi hukuman 18 tahun penjara atas pembunuhan, namun tuduhan terhadap Sanders akhirnya dibatalkan.

4. Lada putih mungkin merupakan rahasia resep KFC

Sejak dulu sampai sekarang resep ayam KFC selalu dirahasiakan. Namun pada 2016, seorang penulis untuk Chicago Tribune mengeklaim bahwa ayam KFC dibuat dengan 11 bumbu dan rempah termasuk lada putih.

Meskipun klaim itu tidak bisa dipastikan 100 persen keasliannya, penggunaan lada putih memang tidak biasa. Profil rasa yang dijelaskan dalam resep tersebut memang cocok dengan rasa ayam KFC.

5. KFC ingin dipandang sebagai makanan sehat

KFC dulunya bernama Kentucky Fried Chicken. Lalu mengapa namanya berubah? Bloomberg melaporkan pada 1991 bahwa perubahan nama tersebut merupakan bagian dari rebranding dalam upaya untuk membuat jaringan restoran ini terlihat lebih sehat dengan menghilangkan kata "fried" atau "goreng" dari namanya. Namun, ada yang mengatakan perubahan nama tersebut disebabkan oleh masalah merek dagang dengan negara bagian Kentucky.

6. Pendiri Wendy's adalah pencipta bucket ayam KFC

Percaya atau tidak, Dave Thomas, founder Wendy's adalah seorang karyawan dan pemilik waralaba KFC. Thomas juga adalah orang yang menemukan ide untuk bucket ayam KFC yang ikonik.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement