Kamis 16 Feb 2023 13:46 WIB

Pisang Goreng Dinobatkan Jadi Dessert Terenak Sedunia

TasteAtlas menyatakan, pisang goreng asal Indonesia jadi hidangan penutup terenak.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Pisang goreng dinobatkan menjadi hidangan penutup terenak versi TasteAtlas. (ilustrasi)
Foto: Instagram @pisanggorengmadubunanik
Pisang goreng dinobatkan menjadi hidangan penutup terenak versi TasteAtlas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Situs TasteAtlas merilis daftar dessert atau hidangan penutup terenak di dunia yang diunggah dalam website-nya. TasteAtlas adalah panduan perjalanan pengalaman untuk makanan tradisional yang menyusun resep autentik, ulasan kritikus makanan, dan artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer.

Dalam daftar yang disuguhkan, pisang goreng yang berasal dari Indonesia menduduki posisi pertama dalam kategori “Deep-fried Desserts” berdasarkan rating. “Pisang goreng merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia,” kata deskripsinya, dikutip dari situs TasteAtlas, Kamis (16/2/2023).

Baca Juga

Ada beragam jenis pisang goreng. Yang jelas, hidangan itu berasal dari potongan pisang yang diiris lalu dilapisi adonan dan digoreng hingga berwarna keemasan. Pisang goreng juga muncul dengan nama yang berbeda, seperti godoh biu di Bali atau gedhang gorèng di Jawa.

“Pisang goreng dijual di warung pinggir jalan dan gerobak serta termasuk dalam kelompok hidangan gorengan, makanan ringan gorengan Indonesia. Versi pisang goreng yang lebih rumit disajikan dengan taburan gula halus dan kayu manis, ditaburi cokelat, selai atau es krim,” tulis situs tersebut.

Posisi pisang goreng mengalahkan hidangan penutup lain, seperti Quarkbällchen dari Jerman di posisi kedua, Pastelitos Criollos dari Argentina di posisi ketiga, Fouskakia dari Yunani di posisi keempat, dan Krapfen dari Austria menempati posisi kelima.

Bahkan, pisang goreng juga mengalahkan churros, hidangan penutup asal Spanyol yang berada di posisi sembilan dan donat asal Amerika Serikat (AS) yang berada di posisi 18.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement