Rabu 11 Jan 2023 05:06 WIB

Sering Ketiduran di Sofa Saat Nonton TV? Atasi dengan Cara Ini

Salah satu penyebab Anda tertidur saat menonton TV adalah sofa yang terlalu nyaman.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Sering ketiduran saat menonton film atau TV di rumah. Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut ini. (Ilustrasi)
Foto: The Guardian
Sering ketiduran saat menonton film atau TV di rumah. Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut ini. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa di antara Anda yang sering ketiduran saat nonton TV di sofa rumah? Jika Anda termasuk salah satunya, berikut ini ada beberapa cara menghindarinya:

1. Hindari makan besar

Baca Juga

Dilansir laman Wired, Selasa (10/1/2023), penyebab Anda tertidur saat menonton adalah makan terlalu banyak. Pizza besar yang lezat mungkin tidak ideal jika Anda ingin tetap membuka mata.

“Tubuh memang memiliki respons relaksasi yang dapat terjadi setelah makan besar,” ujar psikolog yang merupakan spesialis insomnia di perusahaan telehealth bernama DrLullaby, Btittney Jones. Dia menyarankan untuk memilih sesuatu yang lebih kecil, apakah itu camilan atau makanan kecil.

 

2. Sofa terlalu nyaman

Jika Anda menikmati tidur siang di sofa yang sama saat mencoba menonton film, tubuh Anda mungkin dilatih untuk mengenali lokasi sebagai tempat utama untuk "mematikan daya". “Seseorang mungkin ingin menontonnya di rumah pasangannya atau rumah temannya. Atau duduk di kursi yang tidak senyaman di ruang tamu Anda, bukan di sofa yang nyaman,” ujar Jones.

3. Tempat tidur terlalu nyaman

Meskipun kelihatannya menggoda, tempat tidur mungkin adalah tempat terburuk di rumah untuk streaming film. “Jadi, kami ingin mencoba menjadikan tempat tidur sebagai tempat khusus untuk tidur,” ujar Prather.

Menonton film pada malam hari di tempat tidur jelas bukan cara yang tepat. “Bagi orang yang memiliki kecenderungan masalah tidur, atau mereka sudah memiliki masalah tidur, ini dapat membantu mengabadikannya,” ujarnya. Tubuh Anda menjadi sedikit bingung tentang apa yang seharusnya dilakukan.

4. Hadapi kurang tidur secara keseluruhan

“Jika seseorang kurang tidur, lalu mereka ingin menonton film di malam hari? Anda mungkin tidak bisa melakukannya bahkan 30 menit awal film," ujar Jones. Dia menyarankan, untuk mencoba beristirahat pada malam sebelumnya serta mengatasi akar penyebab di balik kurang tidur.

5. Pertahankan remote terdekat untuk tekan tombol pause

Pompa darah Anda dengan sering istirahat selama menonton film, tidak hanya saat Anda perlu ke kamar mandi. Anda merasa hampir tertidur? “Itu mungkin isyarat untuk menekan tombol pause, bangun, mengambil popcorn, minum, bergerak sedikit,” kata Jones.

6. Berikan kebahagiaan tidur yang dekaden

“Saya tidak akan mencoba untuk tetap terjaga,” tulis Christine Blume, seorang ilmuwan tidur di Pusat Kronobiologi di Swiss.

"Berikan tubuhmu apa yang jelas sangat dibutuhkannya," ujarnya lagi.

Jika Anda kelelahan setelah pekanyang menguras energi, memotong waktu menonton TV sedikit lebih pendek adalah keputusan yang sehat.

7. Pertimbangkan untuk konsultasi dengan dokter

Biasanya tertidur saat menonton film berpotensi menjadi tanda apnea tidur yang tidak terdiagnosis. Jika itu terjadi terus-menerus dan terjadi di tempat lain, terutama di siang hari setelah apa yang Anda memiliki tidur malam yang baik.

Apakah ini terjadi kepada Anda? Pikirkan untuk menghubungi penyedia perawatan primer Anda untuk membicarakan masalah tidur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement