REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plaza Indonesia akan kembali menggelar Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2025 pada 6 hingga 14 September 2025. Mengusung tema "Love Letters to Plaza Indonesia", PIFW tahun ini akan sangat istimewa karena didominasi oleh jenama dan desainer lokal.
Deputi Chief Marketing Officer Plaza Indonesia, Zamri Mamat, mengatakan langkah ini menjadi bentuk nyata komitmen Plaza Indonesia dalam mendukung industri mode lokal. Menurutnya, saat ini jenama lokal pun sudah semakin berkembang, beragam, dan inovatif.
"Kita memang dari dulu selalu ingin memberi ruang untuk brand lokal. Di event kali ini kita akan menghadirkan 100 persen brand lokal untuk kategori man dan woman," kata Zamri saat diwawancara seusai konferensi pers PIFW, Selasa (19/8/2025).
Zamri menjelaskan, kurasi terhadap desainer dan brand telah dilakukan sejak tahun lalu, dengan pendekatan yang lebih bersifat kolaboratif. la pun bersyukur karena kolaborasi ini disambut antusias oleh para desainer.
"Kami berdiskusi seperti teman. Kami sampaikan pesan dari tema besar acara ini, lalu mereka refleksikan ke karakter brand masing-masing. Dan memang semua sangat antusias untuk ini," kata dia.
Salah satu jenama lokal yang menjadi sorotan adalah Sejauh Mata Memandang, yang akan membuka rangkaian PIFW 2025. Menurut Zamri, jenama Sejauh Mata Memandang memiliki nilai yang sejalan dengan Plaza Indonesia. Selain itu, jenama ini pun dianggap sebagai pelopor dalam pendekatan keberlanjutan (sustainability) serta circular fashion di Indonesia.
"Dari pertama kami bikin kampanye laut kita, mereka sudah terlibat. Mereka juga aktif bikin aktivasi bareng kami, seperti journaling tentang pakaian lama. Mereka enggak pernah kehabisan ide baru," ujar Zamri.
PIFW 2025 akan menampilkan koleksi dari berbagai segmen mulai dari fesyen anak, pria, hingga wanita. Zamri menyebut PIFW tahun ini sebagai momentum untuk merayakan kreativitas desainer lokal sekaligus merayakan 35 tahun Plaza Indonesia.
"Desain mereka akan mengangkat rasa personal tapi tetap menyatu dengan tema besar perayaan 35 tahun. Ini bukan sekadar fashion show, tapi juga refleksi dari perjalanan budaya dan gaya hidup masyarakat urban Indonesia," kata Zamri.
Adapun desainer dan brand lokal yang akan berpartisipasi antara lain 3Mongkis x Rama Dauhan, Adrie Basuki, Artkea, Bateeq x Ferry Salim, Benang Jarum, Charity Show BRIN x Alleira Batik, Daniyo Hiyoji, serta Dear Me Beauty x Wilsen Willim. Selain itu, ada juga IKAT Indonesia by Didiet Maulana, IKYK, Ivan Gunawan, Iwan Tirta Private Collection X Julianto, Josephine Anni x Hian Tjen, Wilsen William, hingga Yosafat Dwi Kurniawan.