Selasa 15 Oct 2024 09:38 WIB

Benarkah Paparan BPA Bisa Ganggu Kesuburan? Ini Kata Dokter

Menurut dokter, yang terbukti bisa memicu infertilitas adalah rokok dan alkohol.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang pria mengangkat galon (ilustrasi). Paparan BPA dikatkan dengan berbagai masalah kesehatan, salah satunya infertilitas.
Foto: Freepik
Seorang pria mengangkat galon (ilustrasi). Paparan BPA dikatkan dengan berbagai masalah kesehatan, salah satunya infertilitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bisphenol-A (BPA), sebuah senyawa kimia yang biasa digunakan dalam pembuatan plastik polikarbonat dan resin epoksi, telah menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu yang kerap dibahas adalah kaitan antara paparan BPA dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk infertilitas.

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan dr Ervan Surya menanggapi isu yang berkembang tentang kaitan BPA (Bisphenol-A) terhadap infertilitas. Menurut Ervan, mengacu pada studi meta-analisis, tidak terdapat korelasi antara BPA dengan gangguan kesuburan.

Baca Juga

"Sebuah studi meta-analisis yang dilakukan sepanjang 2013-2022 meneliti kaitan antara BPA dan fertilitas perempuan dengan melihat tiga parameter yakni kebutuhan akan IVF atau bayi tabung, PCOS, dan endometriosis. Ternyata tidak ditemukan hubungan antara BPA dengan endometriosis, IVF dan PCOS,” ujar Ervan dalam keterangan tertulis, dikutip pada Selasa (15/10/2024).

Isu lain menyebutkan bahwa BPA bisa menyebabkan persalinan prematur. Menurut Ervan, hal ini tidak terbukti melalui studi meta-analisis terhadap tujuh penelitian dengan total 3.004 partisipan. Studi meta-analisis lain mengulas hubungan antara paparan BPA saat kehamilan dengan kelahiran.

"Ternyata kesimpulannya, tidak ada kaitan antara paparan BPA dengan usia kehamilan, panjang bayi, berat badan bayi, dan lingkar kepala bayi,” kata dr Ervan.

Ia menjelaskan penyebab persalinan prematur cukup beragam. Yang paling sering antara lain infeksi saluran kemih (ISK) dan infeksi vagina.

Kaitan BPA dengan infertilitas laki-laki...lanjutkan membaca>>

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement