Selasa 03 Sep 2024 10:22 WIB

Anime Jadi Nyata! Polisi Jepang Gunakan Mecha Patlabor untuk Patroli

Unit patroli metcha akan bekerja sama dengan petugas polisi untuk melindungi warga.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Karakter Patlabor. Waralaba Patlabor yang legendaris kini menjadi nyata dengan munculnya unit patroli mecha di Jepang.
Foto: Dok. Shochiku
Karakter Patlabor. Waralaba Patlabor yang legendaris kini menjadi nyata dengan munculnya unit patroli mecha di Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Waralaba Patlabor yang legendaris kini menjadi nyata dengan munculnya unit patroli mecha di Jepang. Bagi para penggemar anime, mungkin nama-nama seperti Mobile Suit Gundam lebih dikenal karena popularitasnya, namun Patlabor juga memiliki jejak kesuksesan tersendiri.

Serial ini memulai debutnya sebagai manga orisinal dari Headgear dengan Weekly Shonen Sunday dari Shogakukan pada akhir 1980-an. Kesuksesan manga ini kemudian memicu lahirnya serangkaian anime, film, dan banyak lagi. Kini, Patlabor bahkan dihidupkan dalam bentuk rekreasi mecha seukuran aslinya.

Baca Juga

Unit Patlabor, yang merupakan unit patrol labor yang dirancang untuk mengatasi kejahatan tenaga kerja, ditampilkan dalam berbagai aksi melawan berbagai musuh dalam serial tersebut. Kini, Kepolisian Prefektur Ibaraki di Jepang telah membuat ulang AV-98 Ingram, salah satu mecha ikonik dari Patlabor.

Melalui media sosial resmi mereka, Kepolisian Ibaraki menyatakan bahwa unit patroli mecha tersebut akan bekerja sama dengan petugas polisi untuk melindungi warga. “Polisi Prefektur Ibaraki x Mobile Police Patlabor akan melindungi keselamatan dan keamanan warga Prefektur. Kami melakukan berbagai kegiatan kepolisian seperti pencegahan kejahatan dan keselamatan lalu lintas, dengan menggunakan kemampuan penegakan hukum yang kuat seperti Ingram,” demikian pernyataan dari Kepolisian Ibaraki dilansir Comicbook, Selasa (3/9/2024).

Apa itu Patlabor? Patlabor telah merilis banyak acara anime, film, video game, dan lainnya selama beberapa dekade sejak dirilis. Film dan serial TV ini tersedia dalam bentuk Blu-ray dan DVD namun akses menonton secara langsung masih terbatas.

Waralaba Patlabor menceritakan kisah di masa depan di mana robot canggih yang disebut “Labor”, diciptakan untuk berbagai fungsi seperti konstruksi, pemadam kebakaran, militer, dan banyak lagi. Namun, meskipun robot-robot itu hanyalah mesin, operator mereka adalah manusia yang terkadang terjerumus ke dalam kejahatan.

Karena unit labor yang berat dapat menjadi senjata berbahaya, polisi di masa depan dipersenjatai dengan unit patroli labor canggih yang disebut “patlabor” untuk melawan ancaman ini. Cerita “Patlabor” berfokus pada Divisi Kendaraan Khusus Kedua, sebuah kelompok polisi patlabor yang berjuang melawan kejahatan sambil menjalani kehidupan normal.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement