Senin 19 Aug 2024 10:03 WIB

Shakira Jadi Pemenang Clash of Champions, Sempat Tereliminasi 2 Kali

Shakira berhasil mengungguli Axel Giovanni di grand final Clash of Champions 2024.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Shakira Amirah menyabet gelar juara dalam ajang bergengsi Ruangguru Clash of Champions 2024.
Foto: Dok. Instagram/@ruangguru
Shakira Amirah menyabet gelar juara dalam ajang bergengsi Ruangguru Clash of Champions 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Shakira Amirah menyabet gelar juara dalam ajang bergengsi Ruangguru Clash of Champions 2024. Setelah melalui tiga babak permainan di grand final, Shakira berhasil mengungguli Axel Giovanni.

Pada final kali ini, kedua peserta harus memainkan tiga game. Babak pertama, yang dikenal sebagai “Number Blitz” menuntut kecepatan dan ketelitian para peserta. Dengan menggunakan fitur AdaptoX di Aplikasi Ruangguru, terdapat 225 bilangan acak 4 digit di layar. Untuk menentukan aturan bilangan, peserta harus memilih salah satu kotak dari total 6 kotak. Di balik setiap kotak, terdapat aturan bilangan yang berbeda-beda.

Baca Juga

Tugas peserta adalah mengeklik atau menyebutkan sebanyak mungkin bilangan yang sesuai dengan aturan yang ada dalam waktu 45 detik. Setiap putaran akan dimainkan bergantian oleh kedua pemain, dan setiap bilangan yang dipilih dengan benar bernilai 1 poin. Bilangan yang sudah dipilih tidak dapat dipilih lagi oleh pemain lawan.

Dalam babak pertama, Shakira menunjukkan ketenangan dan ketangkasannya sehingga mampu mengumpulkan poin lebih banyak dari Axel. “Jujur aku bersyukur banget bisa menangin game pertama ini. Semoga di game selanjutnya aku juga bisa melakukan hal yang sama,” kata Shakira seperti dikutip di laman YouTube Ruangguru, Senin (19/8/2024).

Namun Axel tidak tinggal diam. Di babak kedua, “IQ Race” ia berhasil membalikkan keadaan. Babak ini menguji ketangkasan intelegensi para peserta dengan soal matematika dan logika yang menantang. Axel berhasil membuka final box setelah memecahkan lima padlock yang tersegel dengan kode jawaban dari soal-soal yang diberikan, membuat skor sementara imbang 1-1.

Kedua peserta kemudian memasuki babak penentuan yang disebut “The Emperors Minds” yang terdiri atas tiga fase dalam tantangan ini yaitu Memorize, Recall, dan Examine. Pada fase Memorize, peserta akan diberikan waktu selama 30 menit untuk mengurutkan kaisar Romawi dengan menggunakan tumpukan kartu yang disusun secara kronologis dari yang paling awal berkuasa hingga paling akhir berkuasa.

Fase recall, di mana peserta akan mengurut kembali seluruh nama kaisar Romawi yang saat ini telah disusun acak. Pada fase examine, para peserta harus membuktikan ingatan mereka. Pemenang tantangan ini akan jadi juara ruangguru Clash of Champions.

Dengan ketenangan dan konsentrasi tinggi, Shakira berhasil menunjukkan keunggulannya di fase terakhir. Ia sukses mengurutkan dan mengingat kembali nama kaisar Romawi dengan benar.

Shakira bersyukur karena menjadi pemenang di Ruangguru Clash of Champions 2024. Ia juga memuji kemampuan Axel.

“Aku bersyukur bisa dikasih kesempatan untuk head to head sama Axel seperti yang aku inginkan sebelumnya. Aku gak tau cara dia menghafal kartu sebanyak itu, tapi dia keren banget bisa hapa sejauh itu,” kata Shakira.

Sebagai pemenang, Shakira berhasil mendapatkan hadiah berupa beasiswa dan logam mulia. Namun hingga saat ini, Ruangguru belum mengumumkan secara pasti berapa nominal beasiswa dan logam mulia tersebut.

Shakira sendiri merupakan mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Dalam perjalanannya di ajang kompetisi ini, Shakira sempat dua kali tereliminasi pada episode 4-5 serta episode 7.

Pada episode 4 dan 5, Shakira kalah saat melawan tim Kenji Gunawan dari University of California of San Diego dalam segmen Memory Madness. Eliminasi kedua pada episode 7 dalam tantangan Invisible Maze. Ia kalah saat melawan Nathan Keith Poernama.

Namun akhirnya dia bisa lolos pada revival challenge, lalu bertahan sampai grand final dan keluar sebagai pemenang CoC. Selamat Shakira!

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement