Sabtu 17 Aug 2024 23:39 WIB

AHY dan Istri Terpilih Busana Adat Terbaik di IKN, Dapat Hadiah Sepeda dari Jokowi

AHY dan istri mengenakan 2 pakaian adat berbeda pada pagi dan sore hari di IKN.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Agus Harimurti Yudhoyono ﴾AHY﴿ dan sang istri Annisa Pohan. Keduanya terpilih sebagai pengguna busana adat terbaik dalam upacara bendera di IKN pada Sabtu (17/8/2024).
Foto: Dok. Instagram/@agusyudhoyono
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Agus Harimurti Yudhoyono ﴾AHY﴿ dan sang istri Annisa Pohan. Keduanya terpilih sebagai pengguna busana adat terbaik dalam upacara bendera di IKN pada Sabtu (17/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Agus Harimurti Yudhoyono ﴾AHY﴿ dan sang istri Annisa Pohan terpilih sebagai pengguna busana adat terbaik dalam upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2028).

AHY dan Annisa mendapatkan hadiah satu unit sepeda dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Sepeda itu diberikan saat upacara penurunan bendera pada sore hari. 

Baca Juga

"Kali ini saya bersama istri mendapat 'surprise' atas busana adat terbaik, ini adalah tradisi yang sangat baik, Presiden mencontohkan kepada kita semua untuk mengenalkan dan melestarikan baju adat dari berbagai daerah," tulis AHY dalam unggahan di akun Instagram pribadinya @agusyudhoyono pada Sabtu (17/8/2024).

AHY dan Annisa menggunakan busana adat berbeda pada pagi dan sore hari. Saat upacara pengibaran bendera pada pagi hari, keduanya menggunakan Baamar Galung Pancar Matahari, pakaian adat dari Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. "Pakaian ini biasa dipakai oleh pengantin dari Suku Banjar yang memiliki ciri khas aplikasi warna dan detail yang gemerlap, sehingga seolah bermandikan sinar matahari," kata AHY.

Sementara pada sore harinya, AHY dan Annisa mengenakan busana adat dari Sulawesi Selatan berwarna maroon. Annisa mengenakan berbagai jenis aksesoris seperti kalung, gelang, dan hiasan kepala yang membuat anggun penampilannya.

AHY mengapresiasi penyelenggaran upacara bendera pada pagi dan sore hari di IKN. "Saya ucapkan selamat kepada siapa pun yang telah dan terlibat dalam suksesnya penyelenggaraan hari ini. Bravo!," ujarnya.

Dia bersyukur dapat merayakan kemerdekaan dengan kebanggaan akan warisan budaya. Sebuah simbol persatuan yang memancarkan keberagaman dan keindahan Indonesia. AHY juga sempat makan siang bersama Jokowi dan Ibu Iriana, serta presiden terpilih Prabowo Subianto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement