Selasa 06 Aug 2024 17:21 WIB

Bisakah Terkena Virus HPV dari Dudukan Toilet? Ini Jawaban Dokter

Menurut dokter, virus HPV bisa ditemukan di mana saja dan bisa tahan berpekan-pekan.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Dudukan toilet (ilustrasi). Menurut dokter, virus HPV bisa ditemukan di mana saja dan bisa tahan berpekan-pekan.
Foto: Republika/Amin
Dudukan toilet (ilustrasi). Menurut dokter, virus HPV bisa ditemukan di mana saja dan bisa tahan berpekan-pekan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gaya hidup sehat dinilai dapat menghindari wanita dari paparan virus humanpapilloma atau HPV penyebab kanker serviks. Hal ini disampaikan dokter spesialis obstetri dan ginekologi subspesialis onkologi dr Kartiwa Hadi Nuryanto, SpOG(K)Onk.

“Gaya hidup yang baik, olahraga yang baik, deteksi dini dan melakukan vaksinasi itu sudah cukup untuk menghindari seorang perempuan dari kanker serviks,” kata Kartiwa, yang berpraktik di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, dalam diskusi kesehatan mengenai kanker serviks yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (6/8/2024).

Baca Juga

Kanker serviks disebabkan virus humanpapilloma yang bersarang di leher rahim wanita. Virus tersebut bisa bertumbuh menjadi kanker jika tidak menjalani gaya hidup yang sehat seperti tidak berolahraga atau mengonsumsi makanan tidak sehat. Virus tersebut menyerang kekebalan tubuh dan bisa terdeteksi hanya dengan pemeriksaan leher rahim melalui pap smear atau tes IVA.

Dokter lulusan Universitas Indonesia itu juga mengatakan virus HPV tidak diturunkan oleh keluarga sehingga untuk mencegah terinfeksi virus ini harus menjaga kebersihan organ kewanitaan. “Apakah dari dudukan toilet bisa terkena virus HPV? Bisa saja, virus itu bisa ditemukan di mana saja dan hebatnya HPV bisa tahan berpekan-pekan. Jadi, bagaimana menjaga menghindari supaya tidak terkena virus HPV kita usaha untuk jaga kebersihan saja,” kata Kartiwa.

Kartiwa menyebut kanker serviks termasuk penyebab kematian terbanyak di Indonesia yang berhubungan dengan kehamilan yakni sekitar 250.000 kematian menurut data WHO. Tidak hanya perempuan, laki-laki juga bisa terpapar virus HPV, namun, kejadiannya sedikit dan bisa menyerang organ tubuh lainnya seperti kanker tenggorokan dan kanker di daerah kemaluan pria. Untuk mencegah angka kejadian kanker serviks, pemerintah telah melakukan sosialisasi dengan target 90 persen anak Perempuan Indonesia berusia 15 tahun sudah mendapatkan imunisasi HPV gratis pada 2027. Masyarakat juga diminta aktif mencari informasi mengenai imunisasi HPV untuk anak perempuannya untuk mengurangi risiko terpapar virus HPV.

Bagi mereka yang sudah menikah, deteksi dini kanker serviks dilakukan berupa pemeriksaan pap smear atau tes IVA satu hingga dua tahun sekali. Tes tersebut disebut sudah ditanggung oleh BPJS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement