Kamis 25 Jul 2024 14:42 WIB

Ingin Kenalkan Lagu Lawas ke Anak Muda, Anggun Buat Sesi Tribute di Konser Tunggalnya

Menurut Anggun, lagu-lagu lawas memiliki kekuatan kata, melodi, hingga komposisi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Anggun C Sasmi saat di wawancarai Republika di Jakarta, Rabu (24/7/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Penyanyi Anggun C Sasmi saat di wawancarai Republika di Jakarta, Rabu (24/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Di tengah gempuran rilisan musik baru di era digital, penyanyi Anggun C Sasmi menilai generasi muda perlu mengenal dan mendengarkan musik-musik lawas. Menurut Anggun, lagu-lagu lawas seperti karya Ebiet G Ade, God Bless, hingga Chrisye memiliki kekuatan pada kata, melodi, hingga komposisi.

“Buat saya gini lho, generasi muda sekarang itu banyak yang enggak tahu lagu lama seperti dari Ebiet G Ade, God Bless, Chrisye. Padahal lagu-lagu zaman dulu itu komposisinya sangat bagus dan kata-katanya juga puitis sekali, sehingga anak muda juga perlu tahu,” kata Anggun saat diwawancara di Rossi Musik, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Baca Juga

Berangkat dari keresahan itu, Anggun menginisiasi sebuah sesi tribute dalam konser tunggal “Enchanting Anggun”. Sesi khusus ini dimaksudkan untuk mengenalkan kembali lagu-lagu lawas kepada generasi muda.

“Jadi nanti aku akan bikin satu sesi di konser ini yang akan jadi momen untuk menghormati karya musisi lama. Biar lagu mereka didengerin sama anak muda sekarang. Kita harus ingetin kembali ke anak muda sekarang bahwa ada lagu-lagu tersebut,” kata Anggun.

Lebih lanjut Anggun menilai, lagu-lagu lawas berbeda sekali dengan lagu kekinian. Dengan mendengarkan lagu-lagu lawas, Anggun percaya wawasan musik generasi muda akan jauh lebih luas dan mendalam.

“Banyak memang lagu yang keluar di era sekarang, saya enggak bisa bilang itu jelek, tapi itu berbeda sekali. Makanya saya ingin agar anak muda juga mendengarkan lagu-lagu jaman dulu, sehingga tentu akan membuat wawasan musik anak muda jauh lebih luas,” jelas Anggun.

Sebagai informasi, konser tunggal Anggun bertajuk “Enchanting Anggun” akan digelar di JCC Senayan pada 28 Juli 2024. Dalam konser ini Anggun juga menggandeng empat musisi tanah air yakni Ahmad Albar, Ian Antono, Isyana Sarasvati, dan Fabio Asher.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement