Selasa 16 Jul 2024 10:00 WIB

Film Despicable Me Cetak Sejarah, Animasi Pertama yang Lampaui Rp 80 Triliun

Film Despicable Me 4 kini mendominasi box office internasional.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Despicable Me.
Foto: Dok. Universal
Salah satu adegan di film Despicable Me.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film animasi Despicable Me 4 mendominasi box office internasional dengan pendapatan sebesar 88 juta dolar AS atau Rp 1,4 triliun dan menduduki top chart. Perolehan global Despicable Me 4 tersebut kini mencapai 437,8 juta dolar AS atau Rp 7,1 triliun.

Hingga akhir pekan seluruh seri film Despicable Me menjadi waralaba animasi pertama dalam sejarah yang berhasil menembus angka 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 80,8 triliun, demikian seperti dilansir Variety, Selasa (16/7/2024). Despicable Me 4 menghadirkan kembali Steve Carell sebagai Gru, bekas penjahat super, yang harus bertemu kembali dengan saingannya selama masa sekolah yaitu Maxime Le Mal (diperankan Will Ferrell). Film ini diputar di hampir 80 pasar luar negeri, termasuk Tiongkok, di mana film ini memulai debutnya di 35 ribu layar dan 11 ribu lokasi dan berhasil meraup 11,8 juta dolar AS.

Baca Juga

Film animasi sukses lainnya, Inside Out 2 terus meraup penjualan tiket yang kuat di seluruh dunia. Film rilisan Pixar dan Disney ini berhasil meraup 50,2 juta dolar AS dari 47 wilayah. Hal ini mendorong pendapatan internasionalnya menjadi 777,5 juta dolar AS, menjadikannya film animasi dengan pendapatan tertinggi kelima sepanjang masa, melewati Despicable Me 3.

Secara global, Inside Out meraup pendapatan sebesar 1,36 miliar dolar AS. Film ini merupakan satu-satunya rilisan tahun 2024 yang bergabung dengan klub 1 miliar dolar AS.

Warner Bros juga akan memulai peluncuran domestik Twisters pekan depan, dengan membuka film ini di 38 pasar, termasuk Australia, Meksiko, dan Brazil. Sekuel dari film Twister tahun 1996 ini menghasilkan 11,5 juta dolar AS.

Pekan depan, film ini akan dibuka di sebagian besar wilayah Eropa, termasuk pasar-pasar utama seperti Perancis, Jerman, Italia, Spanyol dan Inggris. Twisters dibintangi oleh Glen Powell, Daisy Edgar-Jones dan Anthony Ramos, dan disutradarai oleh Lee Isaac Chung.

Selain itu, film Paramount A Quiet Place: Day One meraup 10,4 juta dolar AS dari 67 pasar pada akhir pekan ketiga penayangannya. Hal ini membuat pendapatan internasional prekuel horor ini menjadi 104,5 juta dolar AS, sehingga total pendapatan globalnya menjadi 220,7 juta dolar AS.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement